SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol. (Istimewa)

Solopos.com, SLEMAN — Jalan Tol Jogja-Solo Seksi 3 atau Tol Jogja-Bandara YIA sebagian akan dibangun secara elevated atau melayang. Lokasi pembangunan tol layang atau elevated di ruas Tol Jogja-YIA itu akan berada di atas Ring Road Barat.

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta atau Pemda DIY saat ini tengah menyiapkan tim yang bertugas untuk melakukan sosialisasi kepada warga terkait rencana pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 3 atau Tol Jogja-Bandara YIA ini. Selain bertugas melakukan sosialisasi tim dari Pemda DIY juga akan melakukan pendataan awal lokasi pembangunan tol, konsultasi publik, hingga persiapan penetapan lokasi (penlok).

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

“Kami berharap tim ini segera dibentuk, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini. Kami sudah rapat terakhir. Prosesnya bisa segera dimulai [tahapannya],” kata PPK Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Jogja-Solo wilayah DIY, Dian Hardiyansyah, Jumat (26/8/2022).

Dia mengatakan trase Tol Jogja Solo Seksi 3 atau Tol Jogja-YIA akan diberitahukan kepada publik saat masa sosialiasi dan konsultasi publik. Ia pun masih enggan membeberkan secara detail trase Tol Jogja-YIA yang sebagian dibangun di atas Ring Road Barat.

“Saya mohon maaf, trase Seksi 3 belum bisa kami buka. Apalagi kami bukan bagian dari tim persiapan, nanti kami buka saat sosialisasi dan konsultasi publik,” katanya.

Baca juga: Izin Lokasi Belum Diterbitkan, Pembangunan Tol Jogja-YIA Terhambat

mad Amin, mengatakan Jalan Tol Jogja-Solo Seksi 3 atau Tol Jogja-YIA dimulai dari Junction Sleman di Tirtoadi menuju Ring Road Barat. Jalan tol yang melintasi Ring Road Barat dibangun secara elevated atau melayang. Setelah itu, jalan tol berbelok ke arah barat hingga Bandara YIA secara at grade atau di tanah. Panjang Tol Jogja-YIA ini sekitar 38,57 km dengan jadwal pembangunan masuk tahap kedua setelah Tol Jogja-Solo Seksi 1 selesai.

Sepanjang Tol Jogja Solo Seksi 3 tersebut disiapkan empat simpang susun (SS), yakni SS Gamping, SS Sentolo, SS Wates, dan SS Bandara YIA. PT JMM menjadwalkan pembebasan lahan untuk Tol Jogja-YIA dimulai pada kuartal kedua 2022 hingga kuartal ketiga 2023. Sementara proses konstruksi dimulai pada kuartal ketiga 2023 hingga kuartal keempat 2025.

Artikel ini telah terbit di Harianjogja.com dengan judul Pengadaan Lahan Tol Jogja YIA Disiapkan, Sebagian Akan Melayang di Atas Ring Road

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya