SOLOPOS.COM - Ilustrasi kesurupan (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Ujian Akhir Sekolah (UAS) SD Negeri Baleharjo, Wonosari harus ditunda karena sejumlah siswanya kesurupan, Rabu (4/12/2013).

Namun penundaan tersebut hanya satu mata pelajaran, yaitu Bahasa Jawa diundur menjadi Sabtu (7/11/2013) besok, yang seharusnya diujikan Rabu (4/11/2013).

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Kepala Sekolah SD Negeri Baleharjo Siti Masyatini saat ditemui di kantornya, Kamis (5/12/2013) mengatakan, pihaknya sengaja mengambil tindakan penundaan UAS karena sejumlah siswanya mengalami kesurupan.

“Yang ditunda UAS kelas V dan kelas VI, mata pelajaran bahasa jawa,” kata dia.

Penundaaan tersebut, kata Masyatini, tidak terlalu fatal karena saat peristiwa kesurupan terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, siswa baru mulai mengerjaan soal.

Dia pun langsung menarik kembali soal-soal yang sudah dibagikan. “Saya menjamin tidak ada kebocoran soal,” tegas Masyatini

Rencananya soal mata pelajaran bahasa jawa akan diujikan kembali pada Sabtu (7/12/2013) besok seusai siswa mengerjakan ujian seni keterampilan. Hari Sabtu dianggap tepat karena siswa hanya mengerjakan ujian praktek kesenian sehingga tidak terlalu memberatkan siswa.

Sementara Kepala Bidang Pendidikan TK/SD, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Sri Andari saat dihubungi menyatakan, tidak masalah ada penundaan pelaksanaan UAS.

“Tidak mempengaruhi ditundanya UAS, karena soal yang buat juga pihak Sekolah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya