SOLOPOS.COM - Tampilan web Pemkab Gunungkidul/JIBI/Harian Jogja/Gilang Jiwana

Tampilan web Pemkab Gunungkidul/JIBI/Harian Jogja/Gilang Jiwana

GUNUNGKIDUL—Situs resmi pemerintah kabupaten Gunungkidul www.gunungkidulkab.go.id Kamis (14/2/2013) dibajak hacker. Dalam situs ini hingga Jumat (15/2/2013) siang masih terdapat gambar bendera Malaysia dengan pesan untuk mengunjungi akun Facebook si pembajak.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Ketika dibuka, situs milik pemerintah itu menunjukkan halaman berwarna hitam dengan bendera Malaysia yang berkibar. Selain itu terdapat tulisan identitas samaran para pembajak “Hacked by Spyware” dan deretan nama kelompok-kelompok pembajak yang berhasil meretas situs resmi Pemkab Gunungkidul ini.

Salah satu pengguna internet, Yuwono ketika akan membuka situs itu mengaku, sehari sebelumnya, situs ini masih dapat beroperasi secara normal. Jumat pagi ketika akan dibuka ternyata laman yang semestinya menampilkan informasi kegiatan Pemkab itu tertutup oleh pesan-pesan dari si peretas.

Di salah satu pesannya, terdapat kontak yang menunjukkan halaman Facebook peretas atas nama King.Spyware. “Padahal saya awalnya mau lihat program kerja Pemkab Gunungkidul hari ini,” tuturnya.

Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Dishubkominfo Gunungkidul Sapto Galih ketika dikonfirmasi mengatakan, Dalam satu malam, terdapat empat situs milik pemerintah kabupaten Gunungkidul yang diretas. Keempat situs tersebut adalah jdih.gunungkidulkab.go.id, dkp.gunungkidulkab.go.id, pertanian.gunungkidulkab.go.id, dan ulp.gunungkidulkab.go.id.

Setelah ditelusuri, keempat situs itu rupanya dibajak oleh kelompok yang sama. Berdasarkan alamat Internet Protocol (IP) yang berhasil dilacak, ternyata pelaku pembajakan tersebut berasal dari Malaysia . “Saat kami trace ternyata pelakunya berasal dari Malaysia,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya