SOLOPOS.COM - Ilustrasi dana korupsi (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi

Harian Jogja.com, JOGJA—Kepala Inspektorat Bantul, Bambang Purwadi, yang sempat mangkir dalam pemanggilan pertama, akhirnya memenuhi panggilan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY sebagai saksi kasus dugaan korupsi dana hibah Persiba Bantul.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Bambang diperiksa terkait adanya pengembalian dana hibah Persiba Bantul sebesar Rp741 juta ke kas daerah yang disebut karena adanya temuan inspektorat. Hanya saja berdasarkan hasil pemeriksaan, tim penyidik menyebut Bambang tak dapat menjelaskan asal muasal temuan itu.

“Dana ini katanya terkait dana pertandingan tandang Persiba. Tetapi yang bersangkutan belum dapat menjelaskannya,” ungkap salah satu penyidik kasus Persiba, Abeto Harahap, di sela-sela pemeriksaan, Senin (23/9/2013).

Abeto menerangkan, dari pemeriksaan, Bambang menyebutkan uraian-uraian dana tersebut. Hanya saja, bukti resmi belum dapat ditunjukkan. Penyidik masih akan menunggu penyerahan bukti-bukti. Selain itu, penyidik juga masih akan membuktikan jumlah Rp741 juta yang diklaim merupakan kerugian negara.

“Itu kan kerugian negara menurut versi mereka, kami akan memastikan kebenarannya. Bukti-bukti pendukung kami kumpulkan,” terang Abeto.

Sementara itu Bambang yang ditemui saat jeda pemeriksaan enggan memberikan keterangan kepada wartawan. Disinggung kepemilikan bukti-bukti rinci perhitungan kerugian negara Rp741 juta, Bambang membantah dirinya tidak memilikinya.

“Enggak itu tidak benar. Jelasnya seperti apa nanti tanyakan saja ke tim penyidik,” ucap dia singkat.

Selain memeriksa Bambang, penyidik juga memeriksa beberapa saksi, di antaranya pengurus KONI Bantul, Mujiyati, mantan kepala Inspektorat Bantul, Subandriyo, dan dari Asosiasi Biro Perjalanan Indonesia (Asita) DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya