SOLOPOS.COM - Hujan angin menyebabkan pohon tumbang di Sleman. / Dok. BPBD Sleman

Solopos.com, SLEMAN — Puluhan pohon di sejumlah lokasi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tumbang setelah diterpa hujan disertai angin kencang pada Jumat (23/12/2022) sore. Selain pohon tumbang, hujan dan angin kencang itu juga membuat sejumlah rumah mengalami kerusakan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Bambang Kuntoro, mengatakan angin kencang terjadi di 20 titik atau lokasi. Hujan angin ini menyebabkan tujuh rumah mengalami rusak ringan, 21 pohon tumbang, dua jaringan listrik, terdampak serta satu fasilitas GOR rusak.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

“Kerugian akibat hujan angin diperkirakan mencapai Rp9,5 juta. Dampak lainnya longsor menimpa satu fasilitas pendidikan dan kandang unggas dengan kerugian diperkirakan Rp20 juta,” ucapnya, Sabtu (24/12/2022).

Dia menjelaskan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY telah memberikan peringatan pada potensi hujan sedang hingga lebat pada jam 15.40 WIB. Kemudian pada jam 18.00 WIB hujan akan disertai petir dan angin kencang diperkirakan sampai jam 18.30 WIB.

“Mulai jam 15.40 WIB terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Sleman,” paparnya.

Baca juga: Belasan Pohon Tumbang di Semarang dalam Sehari, Ini Lokasinya

Hujan angin ini menyebabkan kerusakan sporadis tersebar di sembilan kapanewon, yakni Cangkringan, Mlati, Minggir, Ngaglik, Pakem, Seyegan, Sleman, Tempel, dan Turi. Meski terjadi kerusakan, namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Tindak lanjut dari peristiwa kemarin, kata Bambang, pada hari ini Sabtu (24/12/2022) dilakukan penanganan lanjutan di Kapanewon Mlati dan Minggir.

“Upaya yang dilakukan asesmen dampak kejadian, pemotongan pohon tumbang, dan droping logistik pangan dan non pangan kepada korban terdampak,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Hujan Angin di Sleman Tumbangkan Puluhan Pohon.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya