SOLOPOS.COM - Logo SNMPTN (Dok/JIBI/Solopos)

SNMPTN 2017, ribuan mahasiswa dinyatakan lolos.

Harianjogja.com, JOGJA – Sebanyak dua dari lima perguruan tinggi negeri (PTN) di Jogja masih menjadi kampus paling diminati dalam pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017. Dua kampus terlaris tersebut adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Wakil Rektor Bidang Akademik UGM Iwan Dwiprahasto menyampaikan setelah ?dinyatakan diterima di UGM, kata Iwan, calon mahasiswa harus mengisi biodata yang tersedia di laman penerimaan mahasiswa baru UGM (um.ugm.ac.id.) dan harus mengunggah dokumen yang disyaratkan pada tanggal  28 April 2017 jam 17.00 sampai 5 Mei pukul 23.59 WIB.

Iwan mengimbau kepada calon mahasiswa sebaiknya mempersiapkan dengan baik dokumen-dokumen yang akan diunggah tersebut seawal mungkin supaya dapat menyelesaikan pengisian biodata dengan baik.Selain itu, calon mahasiswa juga wajib mengikuti Academic English Proficiency Test (AcEPT) pada 16 Mei  di kampus UGM sebagai salah satu syarat registrasi.

Lokasi dan waktu tes dapat dilihat melalui akun yang dimiliki masing-masing calon mahasiswa. Di sisi lain, calon mahasiswa yang tidak mengunggah data sampai dengan tanggal 5 Mei 2017 jam 23.59 WIB dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UGM di Tahun Akademik 2017/2018.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta Sari Bahagiarti menyampaikan ucapan selamat bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima. Kendati demikian, peserta harus segara mengisi biodata yang mengacu pada data pendaftaran SNMPTN melalui laman http//:pmb.upnyk.ac.id mulai 28 April-5 Mei 2017.

“Silakan mendaftar menggunakan nomor pendaftaran SNMPTN 2017 dan tanggal lahir. Dalam mengisi biodata, calon mahasiswa harus mengunggah pernyataan penghasilan orang tua/wali/penanggungjawab biaya pendidikan yang dibubuhi materai Rp6.000. Data pendukung UKT [Uang Kuliah Tunggal] lengkap harus dikumpulkan dan akan diverifikasi saat registrasi,” kata dia seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com, terima Rabu (26/4/2017).

Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga  Ridwan mengatakan ada 379 calon mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang lolos proses SNMPTN. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari 3.398 siswa yang memilih program studi dari sekolah dengan jurusan tertentu.

Ridwan menekankan jumlah siswa yang lolos seleksi belum tentu sama dengan jumlah siswa yang nantinya akan diterima di PTN pilihan. Hal itu akan sangat ditentukan oleh hasil verifikasi ketika siswa melakukan daftar ulang pada tanggal 16 Mei mendatang.” Layak dan tidaknya siswa diterima di PTN, ditentukan berdasarkan standar yang dimiliki oleh masing-masing PTN” kata Ridwan.

Siswa yang tidak lolos SNMPTN tidak perlu cemas. Masih ada empat jalur penerimaan mahasiwa baru di UIN Sunan Kalijaga, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan seleksi mandiri.

Bagi siswa yang lolos, perlu untuk disimak, proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang. UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan tahapan proses tersebut sebagai berikut; Peserta melakukan pengisian data profil mahasiswa secara online melalui laman: admisi.uin- suka.ac.id pada tanggal 27 April – 10 Mei 2017, login menggunakan nomor pendaftaran SNMPTN sebagai username dan tanggal lahir (dengan format: ddmmyyyy) sebagai password.

Kemudian peserta yang diterima wajib mengikuti verifikasi nilai rapor dan dokumen asli pada tanggal 16 Mei 2017 bertempat di gedung Convention Hall Lantai II. Setelah itu pengumuman hasil verifikasi dan pengelompokan Uang Kuliah Tunggal (UKT) melalui laman: admisi.uin-suka.ac.id pada tanggal 31 Mei 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya