SOLOPOS.COM - PENGEMBANGAN KAWASAN PESISIR YOGYAKARTA Seorang warga dengan alat berat menyelesaikan pembuatan tambak udang di kawasan pesisir pantai selatan, Srandakan, Bantul, Yogyakarta, Jumat (17/1). Dalam setengah tahun terakhir kawasan yang merupakan Sultan Ground atau tanah Keraton Yogyakarta tersebut mulai dikembangkan menjadi tambak yang dikelola secara pribadi maupun kelompok karena dipandang mempunyai peluang besar untuk membangun perekonomian setempat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/

Sultan Grond, muncul pihak yang mengaku pengelola Tanah Kasultanan.

Harianjogja.com, JOGJA — Persoalan Tanah Kasultanan kian rumit. Sejumlah Kepala Desa di DIY mengeluhkan banyak oknum yang mengaku kerabat keraton, Trah HB VII akan mendata dan memanfaatkan tanah Kasultanan. Bahkan ada yang menawarkannya dengan harga puluhan juta. Hal itu terungkap dalam dengar pendapat menghadirkan Kepala Desa pembahasan Raperdais Pengelolaan dan Pemanfaatan tanah Kasultanan dan tanah Kadipaten di DPRD DIY, Jumat (9/12/2016).

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

(Baca Juga : (Baca Juga : SULTAN GROUND : Perdais Pertanahan Belum Ada, Kebijakan Mungkin Bias)
Hampir sebagian besar Kepala Desa dalam kesempatan itu menyampaikan banyaknya oknum yang bergentayangan mengaku kerabat Kraton, utamanya trah HB VII yang akan memanfaatkan tanah Kasultanan. Kepala Desa Pleret Kecamatan Pleret Bantul Norman Affandi mengakui, pihaknya didatangi oleh oknum yang mengaku trah HB VII akan melakukan pendataan Sultan Grond di desanya. Mereka sempat membawa sejumlah berkas yang ia tidak mengetahui keasliannya. Tetapi, pihaknya tidak bisa memenuhi permintaan mereka karena tidak memiliki kewenangan.

“Itu kami tolak, dia memerintahkan petugas lapangan tetapi tidak ada legalitas dari pemerintahan seperti Bupati, Gubernur. Modusnya ke desa-desa minta diberi data tanah Sultan Grond, mengaku dari Yayasan Trah HB VII,” terangnya di DPRD DIY, Jumat (9/12/2016).

Tak hanya itu, di desanya juga terdapat sebuah perumahan yang berdiri di atas lahan Kasultanan lebih dari satu hektar berada di Dusun Kauman Baru. Pemdes tidak mengetahui secara detail status pemakaian lahan tersebut. Namun, ada beberapa pejabat pemerintahan yang menghuni di perumahan itu. Kenyataan yang terjadi selama bertahun-tahun itu harus menjadi pertimbangan dalam penyusunan Raperdais Pertanahan. Karena dampak akan fakta itu tidak mensejahterakan masyarakat, namun hanya untuk kepentingan segelintir orang saja.

“Saya tidak tahu itu dijual rumah dan tanahnya atau bagaimana. Kami berharap pemerintah desa dilibatkan dalam pemanfataan tanah SG dan PAG ini, sehingga desa juga bisa ikut memantau,” kata dia.

Kabag Pemerintah Desa Hargorejo Kokap Kulonprogo Haryoto menambahkan, pihaknya juga didatangi oknum yang mengaku kerabat Kraton yang akan memanfaatkan tanah SG. Mereka mengaku langsung bisa memberikan kekancingan. Ia pun sepakat jika pemerintah desa dilibatkan dalam pengelolaan tanah SG.

“Kami didatangi pihak tertentu mengatasnamanakan trah HB VII, di satu sisi kami berpihak pada pemerintah, tetapi di sisi lain ada yang bergerak cepat terkait pengelolaan itu,” kata dia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Prakiraan Cuaca Boyolali Jumat 3 Mei, Mendung dan Gerah Sepanjang Hari

Prakiraan Cuaca Boyolali Jumat 3 Mei, Mendung dan Gerah Sepanjang Hari
author
Suharsih , 
Suharsih Jumat, 3 Mei 2024 - 05:15 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca berawan. (freepik.com)

Solopos.com, BOYOLALI — Mendung bakal mewarnai prakiraan cuaca Boyolali sepanjang hari ini, Jumat (3/5/2024). Selain itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menginformasikan suhu udara bakal panas dan gerah.

Suhu udara terendah menurut informasi di laman resmi BMKG yakni 26 derajat Celsius pada dini hari dan pagi menjelang Subuh sedangkan suhu tertinggi 33 derajat Celsius pada siang hari.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Pergerakan angin terpantau dari tenggara sepanjang hari dengan kecepatan 10-20 km/jam. Prakiraan cuaca BMKG dilaporkan setiap hari melalui laman resminya dengan pembaruan per tiga jam dimulai pada pukul 01.00 WIB.

Prakiraan cuaca Boyolali berawan pada dini hari itu dengan suhu udara 26 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 90% dan angin terpantau dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Kemudian pada pukul 04.00 WIB, cuaca juga berawan dengan suhu udara tetap 26 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara juga bertahan di angka 90%. Angin lanjut dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Langit tetap berawan pada pagi hari pukul 07.00 WIB. Suhu udara naik jadi 27 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara juga turun jadi 80%. Angin belum berubah arah dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Cuaca bertahan mendung menjelang siang pukul 10.00 WIB. Suhu udara naik jadi 29 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun ke angka 70%. Angin masih dari arah tenggara dengan kecepatan 20 km/jam.

Emagazine Solopos

Boyolali juga berawan prakiraan cuaca pada siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke titik tertinggi yakni 33 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 65%. Angin juga dari arah tenggara dengan kecepatan 20 km/jam.

Sore hari pukul 16.00 WIB, cuaca juga berawan dengan suhu udara turun jadi 29 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 70%. Angin tetap dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Beralih ke malam hari pukul 19.00 WIB, cuaca tetap berawan dengan suhu udara turun ke angka 27 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara naik jadi 75%. Angin masih dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pada pukul 22.00 WIB, cuaca juga berawan dengan suhu udara turun jadi 26 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 90%. Angin terpantau dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Tidak Ada Hujan tapi Mendung Seharian, Cek Prakiraan Cuaca Klaten Jumat 3 Mei

Tidak Ada Hujan tapi Mendung Seharian, Cek Prakiraan Cuaca Klaten Jumat 3 Mei
author
Suharsih , 
Suharsih Jumat, 3 Mei 2024 - 05:10 WIB
share
SOLOPOS.COM - Cuaca berawan di Dukuh Girpasang, Klaten. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN Klaten bakal dinaungi cuaca berawan sepanjang hari ini, Jumat (3/5/2024), menurut prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG. Tidak ada prediksi hujan dan suhu udara bakal lebih panas dibanding hari sebelumnya.

Laman resmi BMKG menginformasikan suhu terendah hari ini 26 derajat Celsius pada dini hari dan pagi menjelang Subuh sedangkan suhu tertinggi mencapai 34 derajat Celsius pada siang hari.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Arah angin terpantau dari tenggara dengan kecepatan 10-20 km/jam. BMKG menyampaikan informasi prakiraan cuaca melalui laman resminya setiap hari dengan pembaruan per tiga jam dimulai pada pukul 01.00 WIB.

Prakiraan cuaca Klaten berawan pada dini hari itu dengan suhu udara 26 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 90% sementara angin terpantau dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Pada pukul 04.00 WIB, cuaca juag berawan dengan suhu udara turun tetap 26 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara juga masih sama yakni 90%. Angin masih dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Cuaca lanjut berawan pada pagi hari pukul 07.00 WIB. Suhu udara naik ke angka 27 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 80%. Angin belum berubah dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Langit tetap mendung menjelang siang pukul 10.00 WIB. Suhu udara naik lagi jadi 29 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun ke angka 70%. Angin juga dari tenggara dengan kecepatan 20 km/jam.

Emagazine Solopos

Klaten masih berawan pada prakiraan cuaca siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke titik tertinggi yakni 34 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 65%. Angin masih dari tenggara dengan kecepatan 20 km/jam.

Berlanjut ke sore hari pukul 16.00 WIB, cuaca tetap berawan dengan suhu udara turun ke angka 29 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 70%. Angin dari arah tenggara dengan kecepatan 20 km/jam.

Malam hari pukul 19.00 WIB, cuaca juga berawan dengan suhu udara turun lagi jadi 27 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara naik jadi 75%. Angin tetap dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pukul 22.00 WIB, cuaca lanjut berawan dengan suhu udara turun jadi 26 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik ke angka 90%. Angin dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Jumat 3 Mei 2024

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Jumat 3 Mei 2024
author
Astrid Prihatini WD Jumat, 3 Mei 2024 - 05:08 WIB
share
SOLOPOS.COM - Suasana di Solo Baru, Sukoharjo. (Solopos.com/Tiara Surya Madani).

Solopos.com, SUKOHARJO-Prakiraan cuaca di Kabupaten Sukoharjo hari ini, Jumat (3/5/2024), dominan berawan dari pagi sampai malam nanti. Tidak ada hujan turun menurut prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sementara suhu udara dari pagi hingga siang hari mencapai suhu tertinggi 34 derajat Celcius. Namun setelah sore hari suhu udara mulai turun yang membuat udara jadi lebih sejuk. Bagi kamu yang hendak beraktivitas seharian, simak ulasannya berikut ini.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Berikut informasi prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini dikutip dari situs BMKG pada Kamis (2/5/2024) malam:

Koran Solopos
  • Pukul 07.00 WIB, cuaca berawan. Suhu udara 27 derajat Celsius dengan kelembapan 80%. Angin berembus dengan kecepatan 10 km/jam dari tenggara.
  • Pukul 10.00 WIB, cuaca berawan. Suhu udara 29 derajat Celsius dengan kelembapan 70%. Angin berembus dengan kecepatan 20 km/jam dari tenggara.
  • Pukul 13.00 WIB, cuaca berawan. Suhu udara 34 derajat Celsius dengan kelembapan 65%. Angin berembus dengan kecepatan 20 km/jam dari tenggara.
  • Pukul 16.00 WIB, berawan. Suhu udara 29 derajat Celsius dengan kelembapan 70%. Angin berembus dengan kecepatan 20 km/jam dari tenggara.
  • Pukul 19.00 WIB, cuaca berawan. Suhu udara 27 derajat Celsius dengan kelembapan 75%. Angin berembus dengan kecepatan 10 km/jam dari tenggara.
  • Pukul 22.00 WIB, cuaca akan berawan. Suhu udara 26 derajat Celsius dengan kelembapan 90%. Angin berembus dengan kecepatan 10 km/jam dari tenggara.

Cuaca dapat berubah sewaktu-waktu, ini hanyalah prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini. Semoga informasi ini bermanfaat, selamat beraktivitas.

Emagazine Solopos
Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories