SOLOPOS.COM - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mencoba fasiltas ekskalator untuk difabel yang terdapat pada toilet bawah tanah yang berada di Taman Parkir Panembahan Senopati, Yogyakarta, Selasa (09/01/2018). (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Air pembilas toilet di toilet bawah tanah Titik Nol Kilometer Jogja sudah kencang

Harianjogja.com, JOGJA- Kepala Pelaksana Proyek Pembangunan Toilet Titik Nol Wintawan Alka Putranto menyatakan, sebenarnya air pembilas toilet di toilet bawah tanah Titik Nol Kilometer Jogja sudah kencang.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Hal itu diungkapkan menanggapi keluhan Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang menyatakan kucuran air kurang kencang, saat meninjau lokasi tersebut, Selasa (9/1/2018).

“Cuman awalnya memang pelan tapi lama-kelamaan akan kencang. Mungkin tadi belum sampai tahap itu,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP ESDM) DIY M. Mansur menyatakan, hingga kini tarif toilet belum ditentukan.

Tarif nantinya akan diatur tersendiri melalui Surat Keputusan Gubernur. Karena itu dalam beberapa bulan ke depan, pengunjung boleh memakai secara gratis.

“Pokoknya masih kami tanggung. Nanti kami lihat untuk berapa lama. Tarif harus ada regulasi? berapa harus mungut,  harus ada SK Gubernur. Tidak terus nyemplungin Rp2.000 atau Rp3.000, nanti tarifnya akan diatur,” ucapnya.

Mansur menyatakan, Toilet Titik Nol berbayar, karena sebuah infrastruktur yang berstandar internasional perlu biaya pemeliharaan. “Jaga kebersihan butuh biaya dan mengelola juga butuh biaya,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pembangunan fasilitas itu kurang lebih memakan waktu selama 10 bulan dan menghabiskan dana sebesar Rp5,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya