SOLOPOS.COM - Sri Sultan HB X (DOK)

Sri Sultan HB X (DOK)

JOGJA—Gubernur DIY sekaligus Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X yakin mayoritas partai di DPR tak berubah dalam mendukung penetapan. Ini menyusul diserahkannya usulan mengenai poin suksesi gubernur dalam RUUK, oleh Panja DPR ke pimpinan partai melalui fraksi.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Sri Sultan kepada wartawan, Senin (20/2) menyatakan, sejauh ini tak ada masalah terkait sikap mayoritas partai di pusat dalam mendukung penetapan. Masalahnya, kata dia, adalah sikap pemerintah yang tak mau berubah. Selama tetap berkeras menginginkan pemilihan tak akan tercapai kata sepakat atau RUUK selesai.

“Nyatanya enggak berubah gitu kok. Masalahnya pemerintahannya yang enggak berubah, partai enggak ada masalah. Jangan hanya DPR yang punya kemauan berubah, pemerintah juga harus berubah itu baru win-win solution,” tutur Sultan.

Ia mengaku tak khawatir bila rapat pendalaman Panja RUUK akhirnya menyerahkan opsi mengenai suksesi Gubernur ke tangan fraksi agar dibahas bersama pimpinan partai, setelah pembahasan RUUK kembali menemui kebuntuan. Adapun fraksi, lanjut Sultan, merupakan kepanjangan tangan partai, karenanya tak mungkin sikapnya berbeda dengan keputusan partainya.

Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Purwo Santoso menilai, keyakinan Sultan atas sikap partai tersebut kemungkinan karena sebelumnya sudah ada komitmen antara dirinya dengan partai. “Kalau itu terjadi Sultan sudah ada komunkasi, kalau optimistis artinya sudah mengondisikan pembicaraan,” terang Purwo Santoso.(Harian Jogja/Bhekti Suryani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya