SOLOPOS.COM - Penjualan ikan laut di Pasar Gede, Rabu (20/8/2014). (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Tahun baru imlek ikut mendongkrak harga jual ikan bawal super.

Harianjogja.com, BANTUL – Harga ikan bawal jenis super di Bantul akan mengalami kenaikan harga menjelang tahun baru imlek. Kenaikan harga dilakukan menyikapi tingginya permintaan jenis ikan yang akan diburu masyarakat tionghoa.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

“Meskipun masih beberapa hari lagi untuk sampai ke peringatan imlek harga sudah mulai direncanakan naik baik untuk pedagang atau untuk memenuhui kebutuhan masyarakat tionghoa sendiri,” kata Dardi, nelayan Pantai Depok kepada Harianjogja.com, belum lama ini.

Kenaikan harga ikan hanya untuk jenis bawal super yang memang banyak dicari untuk perayaan imlek. Nelayan rencananya akan mematok harga Rp250.000 per kilogram (kg) dari semula bawal super hanya kisaran Rp 200.000 per kg.

“Naik sekitar Rp50.000 per kg,” imbuh Dardi.

Menurut dia, harga ikan bawal tidak super kini harganya sudah diatas Rp 100.000. Selain karena melayani kebutuhan lokal di hari imlek nanti, ikan bawal laut super dinilai mengandung gizi tinggi ini juga menjadi ikan yang paling laris di pasar luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya