SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi ruang terbuka hijau. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA-Ruang terbuka hijau yang dilengkapi fasilitas taman lalu lintas di komplek Terminal Giwangan, Jogja akan dibuka untuk masyarakat umum pada awal 2014.

“Terminal Giwangan memiliki lahan yang mencukupi untuk digunakan sebagai ruang terbuka hijau, sehingga pilihan untuk membuat ruang terbuka hijau di Giwangan cukup tepat,” kata Walikota, Jogja Haryadi Suyuti di Jogja, Sabtu (14/12/2013).

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Menurut dia, keberadaan ruang terbuka hijau di Terminal Giwangan yang juga dilengkapi dengan taman lalu lintas akan cukup menarik bagi masyarakat, sehingga akan banyak warga yang datang ke ruang terbuka hijau di Jogja bagian selatan itu.

Pemerintah kota, kata dia, akan terus mengupayakan menambah keberadaan ruang terbuka hijau sebagai sarana interaksi dan komunikasi sosial antarwarga, meskipun lahan di wilayah tersebut sangat terbatas.

Selain taman lalu lintas, di ruang terbuka hijau itu juga akan disediakan berbagai fasilitas penunjang seperti gazebo dan tempat bermain anak.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Operasi Dinas Perhubungan Kota Jogja, Sugeng Sanyoto mengatakan, pembangunan ruang terbuka hijau yang dilengkapi dengan fasilitas taman lalu lintas tersebut dilakukan melalui Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang diprakarsai oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

“Dana berasal dari pusat sekitar Rp500 juta. Pekerjaan pembangunan sudah memasuki tahap akhir. Setelah pembangunan selesai akan dilakukan soft launching terlebih dulu,” katanya.

Taman lalu lintas itu, lanjut dia, dapat digunakan sebagai sarana edukasi keselamatan lalu lintas kepada siswa khususnya siswa yang masih duduk di taman kanak-kanak atau sekolah dasar.

Dinas Perhubungan Kota Jogja juga sudah menyiapkan ruang khusus untuk menyampaikan informasi mengenai keselamatan lalu lintas kepada pengunjung taman lalu lintas tersebut.

“Siswa pun bisa langsung mempraktikkan bagaimana berlalu lintas yang baik sesuai aturan di taman lalu lintas ini,” katanya.

Pada 2012, P2KH dilakukan dengan membangun ruang terbuka hijau seluas 5.000 meter persegi di Kampung Gambiran Kecamatan Umbulharjo.

Jogja dinilai berhasil melaksanakan program tersebut sehingga pada tahun ini Jogja kembali memperoleh bantuan program pembangunan ruang terbuka hijau dengan luasan minimal 3.000 meter persegi.

Terminal Giwangan yang masih memiliki lahan terbuka sekitar 8.000 meter persegi kemudian ditetapkan sebagai lokasi pembangunan ruang terbuka hijau dan taman lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya