SOLOPOS.COM - Papan penolakan pembangunan tambak udang (Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Diskepenak) Kulonprogo Endang Purwaningrum mengatakan, sesuai kesepakatan, tambak udang di pesisir selatan pantai Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, Kulonprogo akan ditutup Juli mendatang.

“Saat ini masih Juni, kami minta warga bersabar,” ujarnya, Dalam pertemuan antara warga dengan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kulonprogo di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bugel, Kamis (26/6/2014) sore.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Ia menjelaskan ketentuan mengenai sempadan pantai diatur dalam Perda Kulonprogo No 1/2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah.

Pada Perda ini ditegaskan bahwa kawasan sempadan pantai hanya boleh digunakan sesuai peruntukannya yakni sebagai kawasan konservasi dan lindung.

Camat Panjatan, Darmanta, menuturkan, upaya penutupan akan dilakukan tetapi dengan cara yang sopan, sehingga suasana di masyarakat tetap kondusif. “Dulu pernah ada pertemuan dengan tokoh masyarakat dan sudah disepakati akan ditutup Juli,” sebutnya.

Terpisah, Sumanto, pemilik tambak udang, mengatakan, keputusan warga akan diterimanya selama tidak anarkistis. “Kami juga minta toleransi sampai panen kedua di pertengahan Juli,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya