SOLOPOS.COM - Kawasan sesar opak di Dusun Kembangsongo, Trimulyo, Jetis, Bantul merupakan kawasan bersejarah yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat dan hingga saat ini masih banyak oknum-oknum yang melakukan penambangan batu di kawasan tersebut. Foto diambil senin (11/4/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)

Tambang batu andesit bisa meningkatkan perekonomian warga

Harianjogja.com, KULONPROGO- Sekretaris Daerah (Sekda) Kulonprogo, RM Astungkoro mengatakan bahwa pertambangan andesit berpotensi besar memberikan dampak bagi peningkatan perekonomian di Kulonprogo.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Terlebih lagi, dengan sejumlah mega proyek seperti bandara Temon dan Pelabuhan Adikarto maka nilai ekonomi bagi batu akan meningkat. Sebelumnya, sejumlah permasalahan yang muncul khususnya mengenai jalan rusak memang harus dibenahi.

Ia menilai bahwa polemik jalan rusak sebenarnya diakibatkan oleh tonase yang tidak sesuai. Karena itu, ia meminta agar perusahaan juga memiliki tanggung jawab untuk berperan dalam perbaikan jalan.

“Jika mau tonase besar ya kualitasnya jalan harus ditingkatkan bersama,” ujarnya.

Sebagian besar perusahaan biasanya meningkatkan tonasenya dengan alasan menutup biaya operasional.

Astungkoro mengatakan bahwa secara konkret memang dibutuhkan jalan dengan kualitas cor beton agar mampu menampung kendaraan penambang. Karena itu, peran perusahaan di perbaikan jalan juga harus dibicarakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya