SOLOPOS.COM - Areal bekas penambangan pasir di kawasan di sekitar JJLS, tepatnya di Dusun Ngepet Desa Srigading Kecamatan Sanden. (Arief Junianto/JIBI/Harian Jogja)

Tambang ilegal di Bantul sulit dihentikan

Harianjogja.com, BANTUL--Kerja keras pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Bantul dalam melakukan penertiban praktik penambangan ilegal belum selesai.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Kendati sudah banyak praktik ilegal itu yang berhenti beroperasi, namun masih ada titik lokasi yang masih tetap membandel. Dari catatan pihak Satpol PP, satu-satunya lokasi penambangan ilegal yang belum bisa dihentikan ada di sekitar Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), tepatnya di Kecamatan Sanden dan Srandakan.

Sebelumnya, praktik penambangan ilegal yang hampir semua merupakan penambangan material pasir, baik pasir uruk maupun pasir pantai itu terjadi di sejumlah kecamatan. Di antaranya adalah Pleret, Pundong, Kretek, Pajangan, Piyungan dan Sedayu.

Hal itu diakui sendiri oleh Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perda Satpol PP Anjar Arintaka. Kepada wartawan, Selasa (7/3/2017), ia mengaku sejumlah lokasi penambangan ilegal hingga kini sudah berhenti operasi. “Hanya tinggal yang di sekitar JJLS saja,” katanya.

Ia menjelaskan, penertiban praktik ilegal di sekitar JJLS itu memang membutuhkan tenaga ekstra. Selain ada oknum aparat yang berada di belakang para penambang, praktik itu pun kerap dilakukan malam hari. Terlebih setelah masyarakat di sekitar lokasi penambangan, kompak dan sepakat menolak praktik ilegal tersebut.

Untuk itu, pihaknya sudah mengantisipasinya dengan melakukan patroli malam hari. Bahkan tak jarang, anggota Satpol PP harus kucing-kucingan dengan para penambang. “Mereka beroperasi sekitar pukul 22.00 hingga dini hari biasanya,” jelas Fajar.

Tak jarang, Fajar menambahkan, penyelesaian konflik penambangan itu hanya berakhir dalam meja mediasi saja. Bahkan, saat dibawa ke kepolisian, persoalan itu hanya menjadi kesepakatan yang tak memiliki kekuatan hukum mengikat. “Jadi pihak penambang bisa dengan mudah melanjutkan praktik ilegalnya,” pungkas Fajar.

Hal itu dibenarkan oleh Kapolsek Sanden AKP Riwanta. Saat dikonfirmasi sebelumnya, ia mengaku telah memproses belasan kasus aduan penambangan ilegal tersebut. Penyelesaiannya pun diakuinya hanya dituangkan pada selembar kertas perjanjian saja yang ditandatangani oleh pihak penambang dan pembeli pasir tambang. “Meski surat perjanjian itu bermaterai, nyatanya para penambang tetap nekat kembali menambang,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga kerap melakukan tilang terhadap truk-truk pengangkut material pasir tambang yang melebih tonase. Namun seperti yang terjadi pada hasil mediasi, truk-truk itu kembali beroperasi. “Itu di kantor kami ada puluhan berkasnya yang menumpuk,” tegas Riwanta.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Tumbangkan Amartha Hangtuah, Kesatria Bengawan Solo 10 Laga Tak Terkalahkan

Tumbangkan Amartha Hangtuah, Kesatria Bengawan Solo 10 Laga Tak Terkalahkan
author
Abu Nadzib Sabtu, 4 Mei 2024 - 01:41 WIB
share
SOLOPOS.COM - Center Kesatria Bengawan Solo, Kevin Moses melewati adangan pemain Amartha Hangtuah, Zoran Talley Jr dalam lanjutan IBL 2024 di Sritex Arena, Jumat (3/5/2024) (IST/Kesatria Bengawan Solo)

Solopos.com, SOLO —  Kesatria Bengawan Solo (KBS) tampil perkasa dengan mengalahkan Amartha Hangtuah 77-74 di Sritex Arena, Jumat (3/5/2024).

Kemenangan ini memastikan rekor tak terkalahkan KBS berlanjut menjadi 10 laga di Indonesian Basketball League (IBL) 2024.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Kekalahan terakhir Kesatria Bengawan Solo, didapat saat melawan Prawira Bandung di awal musim.

Setelahnya tim asuhan Efri Meldi ini menang dalam laga kandang ataupun tandang.

Koran Solopos

Rekor kemenangan 10 kali beruntun ini hanya kalah dari Dewa United yang mencatatkan 11 kemenangan musim ini.

Catatan apik ini juga membawa Kesatria Bengawan Solo bertengger di peringkat tiga.

Melawan Amartha Hangtuah, KBS mendapatkan perlawanan sengit. Amartha Hangtuah yang juga mengincar play off tampil apik dan rapi.

Emagazine Solopos

Meski begitu, paint area menjadi kunci dari KBS dengan mencetak 48 poin. KBS juga efektif dalam melakukan serangan balik dengan 15 poin yang berasal dari turnover.

Top skor KBS di laga ini datang dari center CJ. Gettys dengan 17 poin dan delapan rebound, disusul Kentrell Barkley dengan 16 poin dan 12 rebound dan lima assist. Taylor Johns 16 poin, 15 rebound dan empat assist di laga ini.

Nuke Tri Saputra juga tampil gemilang dengan 12 poin dan lima assist.

Interaktif Solopos

Dari bangku cadangan, Esha Lapian mengemas enam poin.

Di laga ini, Kevin Moses yang berulang tahun, menjadi pemain yang paling lama bermain dengan 33 menit.

Di kubu Amartha Hangtuah, sebenarnya punya konversi tembakan tiga angka yang lebih baik dari tuan rumah. Keunggulan ini sebenarnya sempat merepotkan KBS.



Center Amartha, Ronald Earl Delph sukses memasukkan empat dari tujuh kali percobaan tiga angka, disusul Kolawole dengan dua dari 10.

Lemparan gratis Amartha Hangtuah juga lebih baik, dengan sembilan kali sukses dari 13 percobaan, lebih efektif dari KBS dengan sembilan dari 23 percobaan.

Selepas laga, Pelatih Kesatria Bengawan Solo, Efri Meldi memberikan catatan mengenai free throw. Menurutnya, para pemain KBS harus bisa lebih baik dalam memanfaatkan hal tersebut.

“Saya ingatkan tadi ke anak-anak, free throw mestinya bisa lebih baik, meskipun hanya menyumbang satu poin, tetapi itu menambah margin. Tadi di akhir, kami dapat dua kali free throw yang gagal dikonversi, ini yang harus diperbaiki karena bikin margin di akhir jadi mepet,” ucap Efri Meldi.

Setelah ini, KBS akan menjamu Bali United di Sritex Arena, Sabtu (4/5/2024). Sedangkan Amartha Hangtuah akan bertandang ke markas Pacific Cesar Surabaya, Minggu (5/5/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Gawang Uzbekistan Akhirnya Jebol, Jepang Juara Piala Asia U-23

Gawang Uzbekistan Akhirnya Jebol, Jepang Juara Piala Asia U-23
author
Abu Nadzib , 
Abu Nadzib Sabtu, 4 Mei 2024 - 01:25 WIB
share
SOLOPOS.COM - Jepang juara Piala Asia U-23 (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Predikat tim tersubur dengan 14 gol serta tak pernah kebobolan sepanjang turnamen tak cukup untuk mengantarkan Uzbekistan sebagai jawara Piala Asia U-23.

Di babak final, Sabtu (4/5/2024) dini hari, Uzbekistan takluk 0-1 dari Jepang yang mengalahkan Irak di babak semifinal.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Pemain depan Yamada tampil sebagai penentu gol Jepang ke gawang Uzbekistan di menit ke-90.

Kiper Jepang Leo Kokubo tampil sebagai pahlawan setelah berhasil mengeblok tendangan penalti yang dihadiahkan wasit pada masa injury time.

Koran Solopos

Penalti itu terjadi setelah salah satu pemain Jepang handball di kotak terlarang.

Hal itu diketahui setelah dilakukan pengecekan melalui video assistant referee (VAR).

Dengan kemenangan ini Jepang tampil menjadi yang terbaik di benua Asia untuk kategori umur di bawah 23 tahun.

Emagazine Solopos

Sementara kekalahan menyesakkan itu membuat Uzbekistan kembali gagal sebagai juara setelah pada edisi sebelumnya, Piala Asia U-22 mereka digagalkan Arab Saudi di kandang sendiri.

Menilik rekor Uzbekistan, kalah di final memang menyesakkan dada para pemain. Sebagian dari mereka terlihat menangis di lapangan.

Uzbekistan tampil superior sejak awal turnamen. Di fase grup mereka menyapu bersih kemenangan, yakni mengalahkan Malaysia 2-0, menghajar Kuwait 5-0, dan mempecundangi Vietnam 3-0.

Interaktif Solopos

Di perempatfinal, Uzbekistan menaklukkan juara bertahan Arab Saudi 2-0 sekaligus membalas dendam kekalahan pada Piala Asia U-22.

Di semifinal, tim asuhan Timur Kapadze itu mengalahkan Indonesia dengan skor 2-0.

Dengan demikian, Uzbekistan menjadi tim tersubur dengan menorehkan 14 gol. Gawang mereka juga belum pernah dibobol sampai kemudian jebol oleh pemain Jepang Yamada menjelang laga final bubar.



Kali terakhir Uzbekistan menjadi juara Asia pada tahun 2018 silam.

Sementara Jepang melaju ke final dengan total meraih empat kali kemenangan serta satu kekalahan.

Satu-satunya kekalahan Jepang diderita dari Korea Selatan di laga terakhir fase grup dengan skor 0-1.

Sementara itu empat kemenangan didapatkan China 1-0, Uni Emirat Arab 2-0, Qatar 4-0, dan Irak 2-0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Kontrak Jaime Xavier Habis, Persis Dikaitkan Bek Bhayangkara FC Anderson Salles

Kontrak Jaime Xavier Habis, Persis Dikaitkan Bek Bhayangkara FC Anderson Salles
author
Abu Nadzib Jumat, 3 Mei 2024 - 22:44 WIB
share
SOLOPOS.COM - Anderson Salles (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Nama bek Bhayangkara FC, Anderson Salles santer dikaitkan bergabung bersama Persis Solo untuk musim depan.

Pemain belakang berusia 36 tahun ini, disebut-sebut akan menggantikan Jaime Xavier yang kontraknya habis musim ini.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Kabar tersebut makin santer setelah Anderson Salles masuk dalam unggahan Instagram Persis Solo pascalaga terakhir Liga 1 2023 melawan Bhayangkara FC.

Anderson Salles juga memiliki catatan apik dengan mengemas 12 gol dari 95 penampilannya selama tiga musim bermain untuk Bhayangkara FC.

Koran Solopos

Dikonfirmasi kabar tersebut, Manajer Persis Solo, Chairul Basalamah, mengatakan sudah memiliki pemain incaran untuk musim depan.

Ia juga menyebut, pihak klub sedang menyiapkan kejutan untuk pemain musim depan.

“Habis ini kita rapat dan kemudian kita bicara semuanya. Ditunggu kejutannya saja, yang jelas sudah ada aplannya, kita matangkan lagi,” kata sosok yang akrab disapa Wan Abud itu, saat dihubungi wartawan, Kamis (2/5/2024).

Emagazine Solopos

Mantan manajer Persebaya Surabaya ini, juga melanjutkan, pemain asing merupakan salah satu hal yang diperhatikan oleh Persis Solo.

Wan Abud mengatakan, banyak pertimbangan yang matang untuk bisa memilih pemain asing yang memperkuat Persis Solo musim depan.

“”Kita sangat hati hati dan belajar banget dari pembelanjaan sebelumnya. Yang pasti soal pemain asing, tunggu saja kejutannya,” tambah dia.

Interaktif Solopos

Selain itu, adanya kabar delapan pemain asing untuk Liga 1 musim depan memang sempat menggema beberapa waktu lalu.

Saat diwawancara Solopos.com, Sabtu (27/4/2024), Wan Abud ini tidak membantah adanya kabar delapan pemain asing untuk musim depan.

Menurutnya, wacana delapan pemain asing akan sangat mempengaruhi kondisi keuangan klub.



“Apalagi, katanya saya belum dapat informasi yang fix, musim depan pemain asing akan delapan, tapi masih sebatas pembicaraan. Itu akan nanti mengubah finansial klub, mengubah semuanya, itu harus kami pikirkan. Agen juga sudah membicarakan ini dengan kami. Gosipnya enam pemain bisa main langsung, bahkan delapan langsung juga bisa main. Apakah semua klub siap, takutnya kualitas pemain asing akan turun, dan bagaimana pemain lokal nasibnya,” tegasnya.

Untuk itu, Wan Abud mengatakan pihaknya belum bisa berbicara banyak terkait kabar delapan pemain asing ini.

Tetapi, ia meyakinkan bahwa Persis Solo selalu siap untuk menuruti regulasi yang ditetapkan PT LIB untuk musim depan.

“Kami belum menanggapi sebelum itu fix. Intinya kami siap, karena enggak ada yang sulit tapi kami ikut dengan aturan yang sekarang,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories