SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tanah longsor Kulonprogo menimpa sebuah rumah hingga hancur

Harianjogja.com, KULONPROGO– Hujan tidak hanya membuat sejumlah wilayah di Kulonprogo tergenang banjir. Tanah longsor juga mengancam warga desa di wilayah Desa Hargowilis, Kokap.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Sebuah rumah milik Ali, 50, di Dusun Clapar I tertimpa material longsor dari tebing setinggi sepuluh meter dan panjang 20 meter.

Longsor tersebut terjadi pada Sabtu (25/4/2015) dini hari sekitar pukul 03.30 WIB. Akibatnya, rumah Ali rusak parah tertimpa material longsor, bahkan rumah yang berada di atas tebing tersebut juga terancam longsor.

Menurut Ali, sebelumnya hujan turun dengan sangat deras hingga malam hari. Saat itu, dia dan keluarga sedang tidur lelap sampai akhirnya sebuah batu terjatuh dan menimpa perabot dapur.

“Tiba-tiba saya terbangun karena suara ketel [penanak nasi] seperti tertimpa batu. Saya dengar ada seperti suara longsoran kecil, lu langsung saya bangunkan istri dan anak saya untuk menyelamatkan diri,” ujar Ali kepada wartawan, Minggu (26/4/2015).

Usai menyelamatkan diri dan keluarga, tidak berselang lama, tebing di samping rumahnya longsor. Material longsor langsung menimpa rumah hingga rusak parah. Baik bangunan utama rumah maupun dapur semuanya hancur tertimpa timbunan material longsor.

“Untuk sementara ini, kami mengungsi di rumah saudara. Saya juga berencana pindah bersama keluarga,” ungkap Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya