SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanah longsor (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Hujan deras yang mengguyur wilayah Gunungkidul menyebabkan bencana tanah longsor di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Jumat (20/12/2013). Akibat kejadian tersebut sebanyak 6 Kepala Keluarga (KK) harus mengungsi.

Kepala Bagian Perencanaan Pemerintah Desa Pilangrejo Suyono mengungkapkan, longsor terjadi di dua lokasi. Pertama longsor menimpa rumah Sabar, 50, di Dusun Wotgaleh, sekitar pukul 13.15 WIB.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Rumah Sabar tertimpa material tanah dan batu dari tebing setinggi 5 meter dan panjang 20 meter di belakang rumah.

Kondisi rumah Sabar mengalami kerusakan sekitar 80 persen, namun tidak ada korban jiwa karena saat kejadian, kata Suyono, Sabar dan dua anaknya tidak berada di dalam rumah.

“Tapi rumahnya sekarang belum bisa ditinggali, penghuninya harus mengungsi sementara,” kata Suyono.

Menurut Suyono, dua jam sebelumnya, tepat sekitar pukul 11.00 WIB, tanah longsor juga terjadi di perbatasan Desa Pilangrejo-Katongan. Material longsor menutup akses jalan dari kedua desa tersebut.

Longsor tersebut juga menyebabkan pergeseran tanah di sekitar pemukiman warga, “Ada 5 KK yang harus mengungsi ke lokasi yang aman karena kondisi tanah rawan,” papar dia.

Saat ini warga dibantu TNI-Polri dan petugas sedang berupaya mengevakuasi material longsor. Warga yang akan melintas jalan itu harus memutar lewat jalan setapak sejauh sekitar 4 kilometer.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Budi Harjo megatakan, sudah mengirimkan Tim Reaksi Cepat penanggulangan bencana untuk membantu warga mengevakuasi material longsor yang menutupi satu rumah dan menutup akses jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya