SOLOPOS.COM - Warga sedang bekerja bakti memperbaiki rumah Sudaryanto yang rusak terkena longsor, Kamis (21/11/2013) (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Saptosari menyebabkan bencana tanah longsor di Dusun Pringsurat, Desa Ngloro, Kamis (21/11/2013) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, namun rumah milik Sudaryanto, 45, rusak berat.

Pantauan Harian Jogja, hampir sebagian bangunan rumah Sudaryanto rusak parah, setelah talud setinggi sekitar 4 meter dibagian sisi selatan ambles, sekitar pukul 00.30 WIB. Saat kejadian hujan deras. sementara Sudaryanto beserta istri dan kedua anaknya tidur di kamar belakang.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

“Saya tidurnya di belakang pas dengar suara seperti pohon tumbang saya langsung bangun,” kata Sudaryanto, disela-sela memperbaiki rumahnya bersama belasan warga, Kamis siang.

Mengetahui sebagian rumahnya ambruk, Sudaryanto pun langsung mengajak istri dan kedua anaknya mengungsi ke rumah sebelahnya demi keselamatan.

Beberapa tetangga Sudaryanto pun terbangun karena suara longsor talud itu cukup keras. “Semalam warga berdatangan tapi kerja baktinya baru dilakukan pagi,” ucap dia.

Akibat kerusakan rumah itu, Sudaryanto harus menderita kerugian sekitar Rp10 juta. Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Budi Harjo saat meninjau lokasi krusakan rumah akibat bencana longsor itu cukup parah. Oleh karena itu, BPBD akan megajukan bantuan kepada Bupati.

“Saat ini kita hanya memberikan bantuan berupa logistik untuk kerja bakti memperbaiki kembali rumah milik Sudaryanto,” kata Budi.

Budi mengimbau kepada warga untuk tetap waspada mengingat beberapa talud di sekitar Dusun Pringsurat terancam longsor bila hujan turun terus menerus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya