SOLOPOS.COM - PENGEMBANGAN KAWASAN PESISIR YOGYAKARTA Seorang warga dengan alat berat menyelesaikan pembuatan tambak udang di kawasan pesisir pantai selatan, Srandakan, Bantul, Yogyakarta, Jumat (17/1). Dalam setengah tahun terakhir kawasan yang merupakan Sultan Ground atau tanah Keraton Yogyakarta tersebut mulai dikembangkan menjadi tambak yang dikelola secara pribadi maupun kelompok karena dipandang mempunyai peluang besar untuk membangun perekonomian setempat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/

Tanah Sultan untuk sertifikasi segera diselesaikan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Sedikitnya 50 bidang tanah Sultan Ground (SG) di kawasan Gunungkidul telah mendapatkan sertifikasi dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Tahun ini ditargetkan 200 bidang tanah yang bisa mendapatkan pengakuan hak milik terhadap tanah-tanah tersebut.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Kepala BPN Gunungkidul Yohanes Supama mengatakan, saat ini proses sertifikasi masih terus berlangsung. Namun di akhir tahun ditargetkan ada 200 tanah SG yang disertifikasi.

“Semua masih dalam proses. Berkasnya juga sudah masuk ke kami,” kata Supama saat ditemui awak media, di akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan, target sertifikasi di tahun ini meningkat jika dibandingkan dengan jumlah tanah yang berhasil disertifikasi di tahun lalu. Di 2014, BPN hanya sanggup mengeluarkan sertifikat 50 bidang tanah SG.

“Kalau posisi sekarang angkanya sekitar 50 bidang. Namun kami yakin bisa menyelesaikan target yang diberikan tersebut,” ungkapnya.

Sayangnya, saat disinggung mengenai jumlah luasan SG yang akan disertifikasi, Supama mengaku tidak mengetahuinya. Dia berdalih data tersebut berada di tangan Pemerintah DIY, sementara BPN bisa memroses sertifikasi itu berdasarkan permohonan berkas yang masuk.

“Berkas yang masuk saat ini mencapai 200an bidang,” ujar dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya