SOLOPOS.COM - Ilustrasi layanan kemanusiaan PMI. (JIBI/Semarangpos.com/istimewa)

Potensi bencana yang mungkin terjadi saat puncak musim kemarau di Bantul

 

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

 
Harianjogja.com, BANTUL- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai menginventarisasi sumber-sumber air di wilayah setempat sebagai upaya antisipasi terjadinya kekeringan saat musim kemarau.

“Persiapan yang dilakukan dalam menghadapi musim kemarau nanti, kami mulai menginventarisir sumber-sumber mata air yang dapat digunakan mengatasi kekeringan saat kemarau,” kata Kepala BPBD Bantul, Dwi Daryanto seperti dikutip Antara, Kamis (7/4/2016).

Menurut dia, potensi bencana yang mungkin terjadi saat puncak musim kemarau di Bantul di antaranya kekeringan atau warganya mengalami kesulitan air bersih, terutama di wilayah perbukitan yang sudah dipetakan lembaganya menjadi langganan setiap tahun.

Oleh sebab itu, kata dia, antisipasi bencana kekeringan sudah mulai dipersiapkan sejak sekarang di saat masih sering turun hujan ini, selain dengan memetakan sumber mata air, upayanya juga melakukan pemetaan wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi kekeringan.

“Dengan demikian nanti kita sudah punya kantong-kantong sumber air untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat, dan siap untuk memberikan bantuan air,” kata Dwi Daryanto.

Ia mengatakan, pada tahun anggaran 2015 pemkab sudah membangun sumur sebagai sumber air yang tersebar di delapan titik, di antaranya wilayah Desa Srimartani Piyungan, Desa Dlingo, Desa Seloharjo Pundong dan Desa Bangunjiwo Kasihan.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bantul yang sudah membangun sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Masyarakat (Pamsimas), sehingga diharapkan bisa dimaksimalkan untuk membantu mengatasi krisis air,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya