SOLOPOS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar di Jakarta, Senin (3/4/2023). (ANTARA/Sinta Ambarwati)

Solopos.com, JOGJA — Tarif parkir di Kota Jogja yang mahal pada momen libur Lebaran kemarin mendapat perhatian dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Dia akan berkoordinasi dengan Pemda setempat terkait kenaikan tarif parkir yang mencapai lima kali lipat.

Sandiaga menyebut kenaikan tarif parkir yang mencapai lima kali lipat ini menjadi keluhan wisatawan. Tarif parkir yang mahal bakal berdampak buruk terhadap industri pariwisata.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Dia menyampaikan kenaikan tarif parkir hingga lima kali lipat tersebut membuat wisatawan kaget dan mengeluh.

“Saya akan kordinasi dengan dinas pariwisata untuk membahas soal tarif parkir yang naik lima kali lipat dan menjadi keluhan wisatawan,” tuturnya di Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Sandiaga menjelaskan kenaikan tarif parkir hingga lima kali lipat sebaiknya disosialisasikan sejak jauh-jauh hari agar wisatawan tidak kaget selama berwisata di Jogja.

“Jadi dari informasi awal, mereka menyesuaikan tarif karena jumlah kunjungan wisatawan meningkat terus,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemkot Jogja mengizinkan pengelola parkir swasta di Jogja menaikkan tarif parkir hingga lima kali lipat saat libur Lebaran.

“Maksimal kami batasi lima kali lipat dari standar tarif yang ada, tidak boleh lebih dari itu, pengawasan akan kami tingkatkan,” kata Penjabat Wali Kota Jogja Sumadi, Minggu (16/4/2023) siang.

Sumadi menyebut Peraturan Wali Kota Jogja No 149/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta No 2/2019 tentang Perparkiran memungkinkan retribusi parkir swasta lebih tinggi dari standar.

“Pasal 29 ayat 2 peraturan tersebut memang memungkinkan tarif parkir swasta naik lima kali lipat,” ujarnya.

Di luar parkir swasta, Pemkot Jogja menyiapkan 14 kantong parkir selama libur Lebaran 2023. Belasan kantong parkir tersebut yaitu Parkir Utara Hotel Grand Zuri, Parkir Selatan Grand Zuri, Parkir Malioboro ABA, Parkir Malioboro Mall, Parkir Malioboro 2, Parkir Malioboro 3, Parkir Senopati, Parkir Sriwedari, Parkir Timur Gembiraloka, Parkir Barat Gembiraloka, Parkir Spraga, Parkir Beskalan, Parkir Hotel Cavinton, dan Parkir Ngabean.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya