SOLOPOS.COM - Seorang pedagang emas Pasar Prambanan hanya tinggal sendiri di lahan relokasi Bokoharjo, Jumat (12/6/2015). (JIBI/Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Pasar Prambanan ditarget selesai tahun ini.

Harianjogja.com, SLEMAN — Kelanjutan pembangunan Pasar Prambanan masih menunggu proses lelang tahap ketiga selesai. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman optimistis, pembangunan pasar tipe A itu selesai tahun ini.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Baca Juga : Pembangunan Pasar Prambanan Tahap Ketiga Tunggu Rekanan

Tahun lalu, Pemkab menyelesaikan pembangunan Pasar Sleman unit II. Pedagang pasar pun saat ini menempati pasar tradisional tersebut. Tahun ini, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Tri Endah Yitnani, selain menyelesaikan pembangunan tahap ketiga Pasar Prambanan juga segera dibangun Pasar Kalasan. Endah berharap, 2.108 pedagang pasar Prambanan yang  terdata base tetap menyimpan kartu keanggotaan.

“Kami tetap memprioritaskan pemegang kartu itu untuk mendapatkan kios. Kartu keanggotaan tidak boleh berpindahtangan apalagi diperjualbelikan,” harapnya, Kamis (20/1/2017).

Pihaknya mengklaim tidak menambah atau mengurangi jumlah dan nama pedagang pasar. Jika pedagang menjualbelikan kartu tersebut, maka konsekuensinya tidak akan mendapatkan kios.

“Kami akan menempatkan pedagang berdasarkan data base yang ada,” kata Endah.

Peremajaan dan modernisasi pasar-pasar tradisional di Sleman dilakukan agar pedagang dan pembeli dapat bertransaksi dengan nyaman. Selain kondisi kios atau los yang bersih, sanitasi pasar juga diatur agar pasar tidak bau dan becek. Berdasarkan penelusuran Harianjogja.com, proses lelang di LSPE Sleman sampai saat ini masih berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya