SOLOPOS.COM - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau dampak gempa bumi di Taman Budaya Gunungkidul pada Sabtu (1/7/2023). (Solopos.com-Antara/Humas Pemkab Gunungkidul)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, meminta warga untuk sementara tidak menggunakan Taman Budaya Gunungkidul. Hal itu dikarenakan Taman Budaya Gunungkidul mengalami kerusakan yang cukup parah akibat terdampa gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,4 yang berada di barat daya Kabupaten Bantul, Jumat (30/6/2023) malam.

Saat meninjau dampak gempa bumi di Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (1/7/2023), Sri Sultan meminta aparat pemerintah terkait melakukan pengecekan menyeluruh pada kondisi bangunan serta jaringan listrik di Taman Budaya Gunungkidul.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

“Tolong segera dilakukan pengecekan secara menyeluruh untuk mengetahui sejauh mana kondisi utuh gedung ini,” katanya.

Gubernur juga meminta pengelola Taman Budaya Gunungkidul mensterilkan area auditorium dan tidak menggunakan fasilitas itu untuk sementara waktu. “Segera diperbaiki, koordinasi segera dengan dinas-dinas terkait,” katanya.

Sultan menyampaikan bahwa gempa bumi yang terjadi pada Jumat (30/6/2023) malam tidak menimbulkan kerusakan parah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Menurut dia, rumah warga yang terdampak gempa rata-rata hanya mengalami kerusakan ringan serta sudah ditangani oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan masyarakat di masing-masing wilayah.

“Sehingga tidak perlu ada tanggap darurat bencana. Jika kabupaten membutuhkan anggaran atau bantuan silakan berkoordinasi,” kata Sultan.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengatakan bahwa gempa bumi berdampak pada beberapa bagian wilayah Gunungkidul, termasuk Kapanewon/Kecamatan Semanu dan Playen. Menurut dia, gempa bumi menyebabkan kerusakan fasilitas umum hingga bangunan pemerintah di wilayah kecamatan tersebut.

“Masih terus dilakukan pendataan oleh BPBD. Sebagian besar masyarakat sudah saling bantu membantu mengondisikan rumah warga terdampak,” kata Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya