SOLOPOS.COM - Makam Kyai Kromo Ijoyo atau Mbah Celeng di Ketingan, Tirtoadi, Sleman yang terdampak pembangunan Jalan Tol Jogja-Solo. (Istimewa/Tangkapan Layar Youtube)

Solopos.com, SLEMAN — Proses pembebasan lahan tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 ruasTrihanggo-Junction Sleman menuju land clearing terus dilakukan khususnya menyasar tanah dengan karakteristik khusus.

Dalam waktu dekat petugas akan melakukan Makam Kyai Kromo Ijoyo atau Mbah Celeng di Ketingan, Tirtoadi, Sleman. Lokasi relokasi makam masih menunggu rekomendasi tata ruang.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Humas PT. Adhi Karya pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2, Agung Murhandjanto bila percepatan relokasi Makam Kyai Kromo Ijoyo atau Mbah Celeng saat ini sampai pada proses menunggu rekomendasi tata ruang lokasi pengganti. Tahapan ini masih diproses Dispetaru Sleman.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak Kraton. Tinggal ini menunggu persetujuan dari tata ruang dari Dispetaru Sleman untuk persetujuan aspek tata ruangnya untuk lokasi pengganti,” kata Agung Senin (10/6/2024) lalu.

Kemungkinan rekomendasi dari tata ruang tersebut akan segera diterbitkan dalam waktu cepat. “Pekan ini [kemungkinan terbit], kemarin Senin ini diproses,” kata Agung.

Rencananya Makam Kyai Kromo Ijoyo atau Mbah Celeng akan direlokasi di lahan Sultan Grond (SG) seluas kurang lebih 200 meter persegi.

Lokasinya masih di wilayah yang sama dengan makam saat ini, yakni di area Ketingan, Tirtoadi. “Di ketingan juga, status tanah kas desa, SG,” ujarnya.

Setelah rekomendasi tata ruang turun, Agung menerangkan pihak pengembang tol akan segera melakukan clearing di lahan relokasi.

Seusai persiapan di lahan pengganti tuntas, barulah proses pemindahan makam akan dilakukan.

“Kalau sudah turun langsung kita clearing, kita bersihkan, langsung kita bikin pagar, langsung kita pindahkan,” jelasnya.

Carik Tirtoadi, Muh. Ridwan menambahkan lahan baru untuk relokasi makam Kyai Kromo Ijoyo atau Mbah Celeng hanya terletak di sebelah timur sisi utara tak jauh dari makam saat ini.

Nantinya letak makam akan berada di utara trase Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman.

“Sebelah timur, itu cuma bergeser ke utara timur jadi utara trase nanti. [Sebelumnya] tanah sawah, sawah non profuktif, kalau yang disediakan untuk makam sendiri ya sesuai dengan makam 200 meter persegi,” ucapnya.

 

Berita ini telah ditayangkan di Harianjogja.com dengan judul “Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo: Makam Keramat Mbah Celeng Ketingan Segera Direlokasi, Ini Lokasi Penggantinya”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya