SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/6/2023).(ANTARA/Indra Arief Pribadi).

Solopos.com, JOGJA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melangsungkan Salat Iduladha 1444 Hijriah di Kota Jogja pada Kamis (29/6/2022). Lokasi tempat Presiden Jokowi menjalankan Salat Iduladha itu ternyata di Istana Kepresidenan Gedung Agung Jogja.

Lokasi dan jadwal Presiden Jokowi salat Iduladha ini disampaikan Koordinator Bagian Humas Biro Umum, Humas dan Protokol Sekretariat DIY, Ditya Nanaryo Aji.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

“RI 1 [Presiden Jokowi] rencana melaksanakan salat Iduladha di Istana Kepresidenan Jogja [Gedung Agung] tanggal 29 Juni 2023,” ujarnya, Selasa (27/6/2023).

Sedangkan Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) DIY belum mendapatkan informasi lebih lanjut terkait dengan rencana kedatangan Presiden Jokowi.

“Saya sampai hari ini belum ada kabar dari kepresidenan. Sampai hari ini belum ada informasi dari kepresidenan yang menghubungi kami,” kata Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag DIY, Muntolib, Selasa.

Menanggapi adanya rencana kedatangan Presiden Jokowi tersebut, dia pun tengah berkoordinasi lebih lanjut mengenai rencana tersebut dengan pihak terkait.

Dia pun menyampaikan bahwa di DIY, salat Iduladha dilakukan dua kali, yakni pada tanggal 28 Juni 2023 bagi warga Muhammadiyah dan tanggal 29 Juni 2023 bagi warga Nahdlatul Ulama dan pemerintah.

“Secara garis besar ada dua [salat Iduladha] di DIY. Jadi memang ada beberapa yang salat Iduladha besok pagi [28 Juni 2023], sementara ada beberapa yang mengikuti keputusan Sidang Isbat dari Kemenag yang akan dilaksanakan hari Kamis [29 Juni 2023],” katanya.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Presiden Jokowi memilih Yogyakarta sebagai tempat untuk Salat Iduladha 1444 Hijriah pada Kamis (29/6/2023).

“Di Jogja,” kata Presiden Jokowi singkat saat ditanya awak media seusai mengunjungi Pasar Palmerah Jakarta, Senin (26/6/2023), seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya