SOLOPOS.COM - SAR Linmas dan waga sekitar lokasi longsor di jalan menuju Pantai Siung membereskan longsor yang menutup jalan, Selasa (13/12/2022). - Istimewa

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Jalan menuju tempat wisata Pantai Siung sempat terputus setelah tanah longsor menerjang jalanan di Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Longsor itu terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut pada Selasa (13/12/2022). Setidaknya ada dua titik tanah longsor yang terjadi di Gunungkidul. Lokasi pertama di Kalurahan Purwodadi dan lokasi kedua di Kalurahan Girijati, Kapanewon Purwosari yang menyebabkan pohon tumbang dan rumah di sekitar lokasi lebih rentan longsor.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul menyebut dua lokasi longsor tersebut sudah tertangani. Jalan menuju Pantai Siung yang sempat tidak bisa dilewati sudah kembali normal dan pepohonan tumbang yang menghalangi jalan di Purwosari juga sudah dibereskan.

Kepala BPBD Gunungkidul, Purwanto, menjelaskan pihaknya langsung bergegas menuju lokasi bencana tanah longsor pada Selasa pagi setelah mendapat laporan masuk.

“Untuk di Tepus yang ke arah Pantai Siung sudah ditangani SAR Linmas, sedangkan di Purwosari kami kirim tim reaksi cepat untuk membantu warga,” jelasnya, Selasa siang.

Baca Juga: Gara-Gara Bermain Sesajen, Sejumlah Siswa SMP Sleman Kesurupan di Bali

Kerugian dari dua longsor tersebut, jelas Purwanto, belum ditaksir BPBD Gunungkidul.

“Masih dianalisa detail laporannya belum masuk, tetapi sepertinya tidak merusak jalan yang tertimpa longsoran,” ujarnya.

Dua jalan yang tertimbun longsor, lanjut Purwanto, sudah bisa digunakan lagi.

“Pantuan di lapangan jalan di dua tempat itu sudah bisa dilewati lagi dan arusnya normal. Karena sejak subuh tim sudah membereskannya jadi tidak sempat mengganggu lalu lintas,” katanya.

Baca Juga: Siswa 2 SMP Negeri di Sleman DIY Kesurupan di Bali, Bupati: Sudah Tertangani

Koordinator SAR Linmas operasi I Sunu Handoko Bayu yang turut menangani longsor di jalan Pantai Siung menjelaskan longsor terjadi pada pukul 05.00 WIB.

“Hujan semalam dari Senin malam sampai Selasa pagi itu yang membuat longsor terjadi karena cukup deras, kondisi tanah yang longsor juga teridentifikasi tanah tidak stabil,” jelasnya, Selasa siang.

Sunu menyebut jalan Pantai Siung sempat tidak bisa dilewati karena longsoran dan pohon yang tumbang cukup tinggi masuk bahu jalan.

“Kami bekerja sama dengan warga sekitar, Pokdarwis Pantai Siung, dan tim lainnya langsung membersihkan longsoran agar tidak menutup akses jalan,” katanya.

Baca Juga: Awas! Gelombang Capai 4 Meter, Wisatawan Dilarang Mandi di Pantai Selatan DIY

Bagi wisatawan, jelas Sunu, diminta berhati-hati. “Kalau mau berwisata dan melewati daerah yang naik turun apalagi kalau hujan juga mohon hati-hati,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Diterjang Tanah Longsor, Akses Jalan ke Pantai Siung Terputus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya