SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

JOGJA—Tiket kereta api Lebaran untuk arus balik dari DIY ke berbagai tujuan dengan waktu keberangkatan 21-26 Agustus telah habis terjual sejak reservasi ibuka pada 24 Mei lalu atau 90 hari sebelum keberangkatan.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

“Bahkan untuk kelas Bisnis dari 21-27 Agustus sudah habis terjual, kelas eksekutif dan ekonomi AC masih ada namun paling hanya tinggal beberapa kursi yang tersisa di setiap kereta, sudah nyaris habis,” ujar Humas PT Kereta Api Indonesia Daop VI Eko Budiyanto di kantornya, Kamis (31/5).

Sementara itu untuk arus mudik dari Jogja ke beberapa daerah tujuan seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya untuk keberangkatan 9-21 Agustus masih cukup banyak tersedia. Menurutnya, pada saat angkutan Lebaran, DIY menjadi salah satu daerah tujuan para pemudik untuk pulang kampung, sehingga untuk pemesanan akan lebih ramai untuk arus balik.

“Untuk para calon pemudik yang kehabisan tiket reguler sebenarnya masih punya kesempatan mendapatkan tiket, karena masih ada kereta api tambahan. Tiket KA tambahan memang belum kami jual, masih kami rapatkan terlebih dahulu berapa armada yang akan digunakan,” katanya.

PT KAI memprediksi pada Lebaran kali ini kenaikan penumpang sebesar 5% dibandingkan pada 2011 lalu yang mencapai 12.244 penumpang.

“Penumpang memang dibatasi sesuai kapasitas tempat duduk yang ada, misalnya untuk tujuan Jakarta, saat ini kami menyediakan 5.962 kursi di 11 kereta dari kelas ekonomi hingga eksekutif,” katanya.

Pembelian tiket kali ini berbeda dengan tahun lalu. PT KAI mengeluarkan kebijakan pembeli harus menyertakan identitas dan nama yang tertera di tiket harus sesuai dengan tanda pengenal.

“Tiket akan kami anggap hangus jika tidak sesuai dengan tanda pengenal,” tambahnya.

Pembelian tiket bisa dilakukan di pusat reservasi dan loket stasiun, kantor pos, agen-agen resmi, Indomaret, Alfamart atau bisa melalui fasilitas Fastpay, CIMB Clicks, Railcard dan Railbox, secara online melalui contact center 121.

“Kami mengimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan untuk membeli tiket di mitra-mitra kami tersebut sehingga tidak terjadi antrian terlalu panjang di loket stasiun,” katanya.

Selain itu, PT KAI juga menerapkan aturan boarding dimana penumpang baru diizinkan masuk ke area stasiun satu jam sebelum keberangkatan kereta. Pada saat boarding ini nantinya akan ada pemeriksaan dari petugas portir di pintu masuk. Hanya penumpang yang memiliki tiket atau menggunakan kartu pass khusus yang boleh masuk area peron.

“Aturan ini dibuat untuk mengatur kepadatan penumpang di peron stasiun sehingga dapat menjadi lebih nyaman,” ujarnya.

Pada angkutan Lebaran kali ini, PT KAI membandrol tiket untuk kelas eksekutif keberangkatan 22-27 Agustus sesuai dengan batas atas yakni sebesar Rp630.000 dan di luar tanggal tersebut dibanderol Rp600.000, kelas bisnis Rp250.000 dan ekonomi AC Rp260.000.

“Ekonomi AC memang sedikit lebih mahal karena memang lebih nyaman,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya