SOLOPOS.COM - Tim SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul sedang memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan laut. (JIBI/Harian Jogja/dok. Tim SAR)

Tim SAR Pantai Selatan Gunungkidul di wilayah II kekurangan personel

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Search and Rescue Satuan Perlindungan Masyarakat (SAR Satlinmas) Wilayah II Gunungkidul masih kekurangan puluhan personel.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Hingga sekarang, satuan tersebut memiliki 55 anggota, padahal untuk melakukan pengawasan di sepanjang pantai mulai dari Pok Tunggal hingga Gesing dibutuhkan setidaknya 85 personel.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, area cakupan wilayah yang dimiliki sangat luas karena terdiri dari 18 titik pantai mulai dari Pok Tunggal hingga Gesing. Area pantai tersebut, hingga sekarang baru dijaga oleh 55 petugas, sehingga jumlahnya masih jauh dari memadai.

“Kita masih butuh tambahan personel sekitar 30 orang. Namun dengan kondisi sekarang ini tetap diterima, karena kami tetap konsen dan fokus dalam upaya pengamanan kawasan pantai,” kata Suris kepada wartawan, Senin (11/1/2016).

Meski demikian, ia berharap ada upaya dari pemerintah untuk melakukan tambahan jumlah personel. Untuk sekarang, kekurangan tersebut disiasati dengan melakukan rotasi anggota dalam upaya pengawasan keamanan pantai.

“Anggota difokuskan di tempat asal masing-masing, tapi jika dibutuhkan mereka harus siap melakukan pengawasan di mana saja,” ujarnya.

Untuk pengawasan dilakukan dalam dua shift, yakni pagi dan malam. Di setiap shift akan dibagi lagi dalam dua kelompok. Tim perama bertugas untuk standby di pos pemantau, sementara tim kedua diterjunkan langsung ke pantai untuk ikut membaur dengan wisatawan.

“Setiap kali jaga setidaknya ada sepuluh orang anggota. Langkah ini kami lakukan untuk mengefektifkan pengamanan, sehingga saat ada peristiwa bisa langsung memberikan bantuan,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya