SOLOPOS.COM - Patung kilin di Klenteng Poncowinatan (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Tionghoa Jogja kali ini mengupas mengenai patung singa kilin.

Harianjogja.com, JOGJA—Salah satu ciri khas bangunan klenteng adalah adanya dua patung singa kilin di pintu masuk. Patung ini memiliki fungi sebagai penolak bala.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Salah satu pengamat kebudayaan Tionghoa di Jogja Adi Wirawan sempat menyebutkan, kedua patung ini biasa diletakkan di depan pintu istana kaisar, kuil Buddha, vihara, pagoda, makam kaisar, kantor dan kediaman pejabat tinggi, hingga sebagai penghias jembatan, taman, hotel, dan rumah makan. Kedua singa kilin ini bisa ditemukan di klenteng di DIY. Selain itu, salah satu gedung pertemuan yang baru selesai dibangun yakni Taman Perwacy juga menggunakan sepasang singa kilin pada pintu masuk.

“Kedua singa ini seperti penjaga dan tolak bala,” ujar dia Rabu (9/12/2015).

Sebagai Sekretaris Perkumpulan Warga Cantonese Yogyakarta (Perwacy), Adi mendukung pembangunan gedung dengan gaya Tiongkok. Ada tujuan yang ingin dicapai yakni mengenalkan kebudayaan pada generasi muda. Mereka diharapkan memahami kebudayaan mereka sendiri dan mengerti maknanya.

Beberapa sumber mengungkapkan, kilin merupakan binatang yang menjagi tunggangan para dewa dalam legenda Tiongkok. Kilin memiliki bentuk mirip singa. Namun, kilin merupakan perwakilan dari 18 binatang yang ada di dunia. Badannya yang merupakan badan kuda tetapi memiliki sisik ular dan sisik ikan. Ekornya dari kura-kura. Keempat kakinya berbeda, ada yang berupa kaki burung hong (rajawali), kaki macan, kaki kerbau, dan kaki menjangan. Kedua matanya merupakan mata kepiting dengan telinga mewakili telinga kelinci serta bertaring macan sedangkan, jenggot dan mulutnya merupakan mulut singa serta pipinya pipi naga. Kilin juga memiliki tanduk bercabang dua yang merupakan tanduk rusa.

Warna kilinbiasa diambil dari salah satu warna lima unsur yang ada di bumi. Warna tersebut antara lain hijau yang merupakan unsur langit atau organ paru-paru dalam tubuh manusia, biru yang merupakan unsur air yang mewakili tenggorokan, merah yang merupakan unsur bumi yang mewakili dubur), kuning yakni unsur alam yang mewakili jantung, dan oranye yang merupakan unsur gunung yang mewakili perut.

Singa batu jantan digambarkan membawa sebuah bola dengan kaki depan sebelah kanan. Sementara itu, singa batu betina digambarkan sedang mengasuh anaknya di kaki depan sebelah kiri. Kadang-kadang, singa batu betina digambarkan dengan mulut tertutup sedangkan, mulut singa jantan digambarkan terbuka seperti sedang mengucapkan aksara aum yang melambangkan konsep suci agama Hindu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya