SOLOPOS.COM - Salah seorang bayi sedang melakukan perawatan di Kezeea Dunia Kecilku Jogja, Kamis (25/3/2015) (JIBI/Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)

Tips kesehatan berikut untuk balita.

Harianjogja.com, SLEMAN-Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Anak Universitas Gadjah Mada (RSA UGM) Ade Febrina pada Selasa (5/4/2016) menyarankan agar orang tua memijat bayi ketika bayi dalam kondisi sehat bukan pada saat ia sedang sakit.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Usai pelatihan memijat bayi di RSA UGM, ia menjelaskan, pada dasarnya pijat bayi diperuntukkan bagi bayi yang sehat. Selain itu,  meskipun memijat bayi memberikan sejumlah manfaat, ada beberapa masukkan yang ia berikan sebelum memijat bayi. Yaitu jangan memijat bayi saat ia sedang lapar atau haus, karena nantinya saat dipijat ia akan menangis dan menelan banyak udara, yang mengakibatkan ia kembung usai dipijat. Jangan memijat bayi ketika ia sedang baru saja minum atau kekenyangan, karena dapat menyebabkan bayi akan muntah.

“Jangan bayi sedang tidur dibangunkan untuk dipijat, karena ketika ia sedang nyaman tidur dan dibangunkan untuk dipijat, ia akan menangis saat dipijat, dan justru mengalami trauma,” tuturnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pula sebelum memijat bayi, pastikan bayi tidak rewel saat malam sebelum dipijat, apabila bayi sedang sakit lebih baik memeriksakan bayi ke dokter dan menunggunya sembuh sebelum dipijat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya