SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan jalan. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, JOGJA — Jalan tol Jogja-Solo direncanakan akan dibuka secara fungsional menjelang Lebaran tahun ini. Namun, jalur yang dibuka hanya sepanjang 6 kilometer saja.

Nantinya, saat pembukaan secara fungsional itu, masyarakat bisa memanfaatkan jalan tol Jogja-Solo secara cuma-cuma alias gratis.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

General Manager Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) Muhammad Amin, mengatakan untuk memcah kepadatan selama Lebaran 2023 di pertigaan Kartasura, sebagian tol Jogja-Solo bakal dibuka secara fungsional.

“Kami buka fungsional, jadi bukan buka resmi,” ucapnya, Selasa (21/2/2023).

Dia menyampaikan sebagian jalan tol dengan ruas sekitar 6 kilometer yang akan dibuka itu dari  STA 6, Desa Ketangguhan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, hingga Kartasura.

Saat ini, lanjut Amin, sepanjang 2 km dari 6 km tol Jogja-Solo yang sudah siap dibuka. Empat kilometer sisanya tengah disiapkan agar dapat digunakan secara fungsional menjelang Lebaran tahun ini.

”Dilengkapi dengan timbunannya, bila sudah selesai nanti dicor,” ucapnya.

Amin mengatakan tak hanya badan jalan yang butuh disiapkan, tetapi juga kelengkapan rambunya. Ihwal tanggal pasti dibukanya ruas jalan tol tersebut, Amin belum dapat memastikan.

“Itu [kebijakan waktu penggunaan jalan tol secara fungsional] nanti diatur dinas perbuhubgan dan kepolisian. Jalur mudik dibuka arah Klaten-Boyolali, secara fungsional seperti itu,” ucapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 2 Km Sudah Siap, Tol Jogja Solo Akan Dibuka Jelang Lebaran Sepanjang 6 Km

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya