SOLOPOS.COM - Kendaraan hendak melintas tol fungsional Solo-Jogja dari Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Jumat (22/12/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, JOGJA — Tol Jogja-Solo Fungsional secara resmi mulai beroperasi pada Jumat (22/12/2023) pukul 06.00 WIB. Jalur tol sepanjang 13 kilometer ini sengaja dibuka untuk mendukung arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

“Jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo [Kartasura sampai Karanganom Klaten) dioperasikan secara gratis dalam dua periode. Pada periode arus mudik yaitu pada 22-31 Desember 2023 dan pada periode arus balik yaitu 1-3 Januari 2024,” kata Direktur Utama PT JMJ Suchandra P Hutabarat, Jumat (22/12/2023), diberitakan Harianjogja.com.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

PT JMJ menyiagakan fasilitas pendukung untuk menunjang operasional jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo.

Terdiri atas pos layanan informasi siaga di STA 13+ 00 dan posko petugas yang disiagakan di beberapa titik rawan kepadatan.

Jika pengguna jalan mengalami keadaan darurat, PT JMJ menyediakan MCS (Mobile Customer Service), ambulance, BBM mobile, toilet portable serta layanan derek gratis hingga exit toll terdekat.

“Selain itu PT JMJ juga telah menyiapkan rambu-rambu petunjuk dan peringatan seperti batas kecepatan, rambu penunjuk arah dan traffic light atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APPIL) yang berada di jalan nasional di depan akses Banyudono dan di jalan Nasional di depan akses Karanganom,” ujarnya.

Adapun jam operasional jalur mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya roda 4 golongan 1 non bus dan non truk, tidak diperuntukan untuk kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 Km/Jam.

Berbeda dari pelayanan libur Hari Raya Idul Fitri 1444H lalu yang hanya dibuka sepanjang 6 kilometer, saat Nataru 2023/2024 kali ini jalur fungsional dibuka lebih panjang yaitu 13 kilometer dari akses Gerbang Tol Colomadu & on/off Banyudono hingga Gerbang Tol Karanganom.

Perkerasan jalan jalur fungsional kali ini berupa konstruksi rigid pavement.

“Dengan jalur yang lebih panjang, kami memberikan pelayanan yang lebih optimal karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta sekaligus memperpendek waktu perjalanan dari Akses/GT Colomadu menuju Klaten,” ujarnya.

Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo hanya dioperasikan satu arah pada periode arus mudik dan satu arah pada arus balik.

Akses masuk jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo dari jalan nasional akan melalui on/off Banyudono yang berjarak sekitar 700 meter dari GT Colomadu.

Pengaturan arah arus lalu lintas pada periode arus mudik Nataru 2023/2024 yaitu pada periode 22-31 Desember 2023 pukul 06.00-17.00 WIB, jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari GT Colomadu (Jalan Tol Trans Jawa) menuju Boyolali/Kartasura serta menuju Klaten/Jogja.

Pengguna jalan yang menuju Klaten/Jogja, dapat mengakses jalur fungsional melalui Flyover Ngasem di STA 0+600 hingga GT Karanganom untuk melanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Solo-Yogyakarta.

Sementara itu, bagi pengguna jalan dari GT Colomadu yang menuju Boyolali /Kartasura, juga akan dialihkan melalui Flyover Ngasem melalui GT Banyudono untuk melanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Solo-Semarang.

“Pada periode arus mudik ini, pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Jalan Tol Trans Jawa juga dialihkan masuk melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu,” katanya.

 

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul “Tol Jogja-Solo Fungsional Resmi Dibuka Hari Ini, Gratis!”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya