SOLOPOS.COM - Lokasi Pembangunan TPST Minggir, di Padukuhan Denokan, Sendangsari, Minggir, Senin (4/9/2023). - (Harian Jogja/Jumali)

Solopos.com, SLEMAN — Pembangunan TPST Minggir di Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Minggir, Kabupaten Sleman, akan mulai dilakukan pada Oktober 2023. Pemkab Sleman telah menyiapkan anggaran senilai Rp10 miliar untuk pembangunan TPST ini.

Lurah Sendangsari, Afan Nur Ihsan, mengatakan lahan untuk pembangunan TPST Minggir seluas 6.600 meter persegi. Ia mengklaim seluruh warga Sendangsari mendukung pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) tersebut. Meski demikian, warga memberikan sejumlah catatan terkait pembangunan TPST.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Dia menuturkan keberadaan TPST diminta tidak menimbulkan pencemaran dan mengganggu warga sekitar. Selain itu, air lindi atau air limbah dari sampah harus dikelola dengan baik.

“Warga minta, ke depan jangan sampai menimbulkan bau. Air lindi juga harus dikelola dengan baik, lalat jangan sampai ada. Jangan sampai ada pencemaran atau yang merugikan. Jika itu terjadi, kami dan warga berhak untuk menutup,” kata Afan Nur Ihsan ditemui di kantor Kalurahan Sendangsari, Senin (4/9/2023).

Menurut Afan, lokasi TPST Minggir menggunakan Tanah Kas Desa (TKD) dan jauh dari pemukiman warga. Saat ini, lokasi masih berupa perkebunan tebu. Nantinya, agar tidak mengganggu aktivitas warga, akan dilakukan rekayasa lalu lintas keluar masuk kendaraan pengangkut sampah.

“Warga mintanya akses masuk dan keluar berbeda. Masuknya nanti dari selatan. Ini agar tidak mengganggu aktivitas warga juga. Kalau lokasi, jarak paling dekat dengan pemukiman sekitar 200 meter,” imbuhnya.

Selain itu, Afan mengungkapkan warga juga meminta kepada Pemkab  Sleman untuk membangun jalan akses kendaraan pengangkut sampah menuju TPST Minggir, sebab jalan yang ada saat ini kurang memadai. Selain itu, warga juga meminta agar pekerja di TPST Minggir nantinya berasal dari warga setempat.

“Serta wajib menggunakan PAMDes Sendangsari untuk memenuhi kebutuhan air di TPST Minggir,” jelasnya.

Afan juga mengungkapkan jika berbagai tahapan sudah dilakukan untuk memperlancar pembangunan TPST Minggir. Pada 2022 lalu telah ada sosialisasi di tingkat kalurahan. Selanjutnya, ada studi banding di TPST Mengwi, Badung, Bali dan TPST Jimbaran, Bali.

“Karena kondisinya saat ini darurat, maka pembangunannya akan dipercepat. Apalagi, pekan lalu, dusun di sebelah lokasi juga digelar sosialisasi terkait pembangunan TPST,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman, Epiphana Kristyani mengatakan saat ini pihaknya memiliki anggaran senilai Rp10 miliar untuk pembangunan TPST  Minggir. Anggaran tersebut bisa saja bertambah, jika pengajuan tambahan di APBD Perubahan 2023 disetujui.

“Untuk pembangunannya [TPST Minggir] tidak melibatkan swasta. Namun, soal pengelolaannya kami juga belum tahu apakah nantinya akan melibatkan swasta,” ucap Epiphana.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Sendangsari Boleh Jadi TPST, Ini Syarat dari Warga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya