SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video amatir warga. Sejumlah pengunjung dan pegawai Puskesmas Saptosari berusaha menyelamatkan diri usai mendengar suara ledakan di area tersebut. Selasa (2/5 - 2023)Â

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Trafo listrik PLN yang berada di area Puskesmas Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meledak pada Selasa (2/5/2023) sekitar pukul 11.00 WIB. Ledakan ini membuat warga panik dan mengganggu pelayanan di puskesmas tersebut.

Kapolsek Saptosari, AKP Kusnan Priyono, mengatakan warga di sekitar Puskesmas Saptosari sempat mendengar suara ledakan yang disertai munculnya asap dari tempat tersebut. Peristiwa ini membuat warga panik dan menyelamatkan diri.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Hasil pemeriksana yang dilakukan petugas, kata dia, ledakan terjadi karena trafo listrik di area puskesmas meledak.

Ledakan trafo diawali korsleting yang menyebabkan peralatan elektronik di Puskesmas Saptosari rusak hingga akhirnya terbakar.

“Setelah terbakar terus ada ledakan trafo yang membuat kaget warga,” katanya saat dihubungi Selasa sore.

Meski demikian, Kusnan memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Api yang sempat membakar dapat dipadamkan menggunalan alat pemadaman di puskesmas.

“Beberapa elektronik di puskemas rusak sehingga menggaggu layanan kesehatan di tempat tersebut. Namun, secara umum kejadian kebakaran dan trafo meledak sudah bisa dikendalikan,” katanya.

Ia berharap peristiwa ini bisa menjadi pelajaran bersama. Guna mengurangi risiko kebakaran, masyarakat diminta berhati-hati s serta rutin memeriksa instalasi listrik secara berkala.

“Untuk kerusakan trafo di area Puskesmas Saptosari sudah dilaporkan ke PLN agar segera diperbaiki,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Ledakan Terjadi di Puskesmas Saptosari Gunungkidul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya