SOLOPOS.COM - Ilustrasi mayat. (Solopos/Dok)

Solopos.com, KULONPROGO — Seorang pria lanjut usia terserempet Kereta Api Argo Lawu jurusan Solo Balapan-Gambir di Hargomulyo, Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (4/1/2023) sekitar pukul 09.55 WIB. Pria berusia 72 tahun itu pun meninggal dunia.

Kasi Humas Polres Kulonprogo, Iptu Triatmi Noviartuti, mengatakan peristiwa kecelakaan itu terjadi saat pria lansia berinisial SMD itu berangkat dari rumahnya di Padukuhan Candi Wetan RT 011/RW 006, Kalurahan Karangwuluh, Temon, bermaksud menuju ke rumah anaknya di Tapen, Hargomulyo, Kokap. Saat itu, SMD pergi ke rumah anaknya dengan berjalan kaki menyusuri rel kereta api.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

“Kemudian di atas underpass Tapen, korban terserempet kereta api Argo Lawu jurusan Solo Balapan menuju Gambir,” kata Novi.

Akibat insiden ini, pria lansia tersebut dinyatakan meninggal dunia. Jenazah selanjutnya diidentifikasi Polres Kulonprogo. Korban selanjutnya mendapatkan penanganan lebih lanjut ke RSUD Wates untuk dilakukan visum.

Kepala Regu Polsuska Wilayah 6A KAI Daop 6, Dodi Kurniawan, menerangakan bila korban terserempet kereta Argo Lawu. Dodi mendapatkan informasi adanya warga terserempet kereta dari masinis yang mengemudikan kereta.

“Masinis laporan ke Pusat Pengendali [Pusdal] kemudian menginformasikan ke yang di lapangan, yang di bawah. Terus kami segera ke TKP, mengamankan jalur perjalanan kereta api supaya aman,” terangnya.

Dodi menuturkan dari keterangan, masisin telah membunyikan klakson berulang kali. Korban juga telah berada di pinggir bukan berada di tengah rel kereta api.

Dilanjutkan Dodi, dilihat dari situasi di TKP, korban sempat terseret sekitar lima meter.

“Tertemper kereta api bagian samping, terus bergeser sekitar lima meter,” tuturnya.

Dodi mengimbau kepada warga yang berada di sepanjang jalur pelintasan kereta api agar selalu berhati-hati melintasi rel kereta api.

“Alangkah baiknya baiknya melintasi pelintasan yang underpass atau fly over yang resmi ada palangnya. Jangan melintasi pelintasan-pelintasan yang tidak resmi, jalur-jalur tikus itu” ujarnya.

 

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Hendak ke Rumah Anaknya, Kakek 72 Tahun di Kulonprogo Terserempet Kereta Api

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya