SOLOPOS.COM - Polisi memeriksa tempat kejadian perkara, kebakaran yang menewaskan satu warga di Panjangrejo, Pundong, Kamis (24/8/2023) - ist - Polres Bantul

Solopos.com, BANTUL — Seorang pria lanjut usia bernama Lamin, warga Panjangrejo, Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meninggal dunia terbakar saat sedang membakar sampah. Saat api membakar dirinya, pria berusia 77 tahun itu tidak bisa menyelamatkan diri hingga akhirnya meninggal.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, menjelaskan korban adalah Lamin, 77. Korban merupakan difabel karena tidak bisa berjalan. Untuk berjalan korban hanya mengesot.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

“Korban tidak bisa menghindari api,” ujarnya, Jumat (25/8/2023).

Dia mengatakan peristiwa nahas itu terjadi pada Kamis (24/8/2023) dan pertama kali diketahui oleh seorang warga yang melihat kepulan asap di lokasi kebakaran sekitar pukul 12.00 WIB.

“Saksi 1 melihat asap bekas terbakar yang akan merembet  rumpun bambu. Kemudian mengambil ember dan air hendak memadamkan,” katanya.

Saksi tersebut kemudian mengambil disel juga untuk memadamkan. Saat akan mengambil disel, saksi melihat sebuah kaki yang terbakar. Setelah dicek, ternyata orang terbakar.

“Kemudian meminta bantuan kepada warga, namun orang tersebut sudah meninggal di tempat,” ungkapnya.

Dari pemeriksaan tim medis, korban meninggal dunia kurang lebih 2 jam sebelum ditemukan. Korban meninggal akibat tubuh korban yang terbakar secara keseluruhan.

“Riwayat kesehatan korban sebelumnya, korban mengalami kecelakaan dan salah satu kaki korban sebelah kiri diamputasi pada bagian lutut ke bawah,” katanya.

Pada tubuh korban, selain luka bakar tidak ditemukan luka bekas benda tumpul ataupun benda tajam.

“Dari kesimpulan tim dokter puskesmas dan tim Inafis Polres Bantul, kemudian jenazah korban diserahkan kepada keluarga,” katanya.

Kasus ini menjadi satu dari puluhan kebakaran yang disebabkan oleh aktivitas pembakaran sampah di musim kemarau tahun ini. Kasus ini juga pertama kalinya kebakaran hingga menimbulkan korban jiwa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat ada 49 kebakaran yang disebabkan pembakaran sampah selama Juni-Agustus 2023.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Bakar Sampah, Seorang Kakek di Bantul Tewas Tersambar Api

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya