SOLOPOS.COM - Bus Trans Jogja (JIBI/Harian Jogja/dok)

Bus Trans Jogja (JIBI/Harian Jogja/dok)

JOGJA—Bus Trans Jogja diusulkan melayani rute ke luar wilayah Kota Jogja seperti Bantul dan Sleman Utara.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Pasalnya, rute Bantul melalui Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan utara sampai Kaliurang bisa memperluas cakupan transportasi Trans Jogja.

Usulan tersebut disampaikan Konsultan Transportasi Pemprov Deutsche Gesselschaft fur Internationale Zusammernarbeit (GIZ). Latar belakang usulan tersebut karena pelayanan Trans Jogja saat ini hanya 60% dari luasan Kota Jogja dan sekitarnya.

“Kami sedang mengkaji jalur-jalur ini,” ujar Technical Advisor GIZ, Dino Teddy Putra usai menemui anggota Komisi C DPRD DIY, Kamis (3/5).

Perluasan cakupan ke utara dan selatan dibutuhkan karena akses transportasi ke Kota Jogja cukup tinggi. Di Jalur Selatan memang sudah ada yang dibuka namun masih pendek. Total panjang jalur Trans Jogja saat ini 232 kilometer, dengan ditambah jalur ke selatan tersebut total panjang jalur jadi sekitar 242 kilometer.

GIZ juga mengusulkan penghapusan jalur -jalur tertentu agar tidak melingkar. Seperti di Ringroad (timur-utara) dinilai sepi dan jarang orang naik turun di sana sehingga lebih baik dialihkan ke selatan.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya