SOLOPOS.COM - Kendaraan melintasi jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/4/2023). (ANtara/Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, JOGJA — Pembebasan lahan jalan tol Jogja-Solo seksi 1.1 dan seksi 1.2 telah mencapai 89,46%. Dari total tanah yang telah dibebaskan itu terdapat sejumlah tanah karakteristik khusus yang berlokasi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Manajer Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jesiman Putra, mengatakan pembebasan tanah telah dilakukan terhadap sejumlah tanah karakteristik khusus yang akan digunakan untuk jalan tol. Total target pembebasan tanah sebanyak 5.049 bidang atau seluas 422,99 hektare. Sedangkan total nilai uang ganti kerugian mencapai Rp5,6 triliun.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

“Progres pembebasan mencapai sebesar 89,46 persen dengan jumlah bidang bebas sebanyak 4.517 bidang atau seluas 379,46 hektar. Hingga saat ini UGK yang disalurkan sebanyak Rp4,8 Triliun,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Minggu (18/6/2023).

Lahan yang dibebaskan, lanjut Rachmat terdapat tanah karakteristik khusus yakni tanah kas desa (TKD), instansi, makam, dan wakaf. Untuk TKD yang digunakan untuk jalan tol tersebar di 57 desa atau kalurahan sebanyak 391 bidang seluas 66,84 hektar senilai Rp671,4 miliar.

“TKD yang sudah dibebaskan seluas 69,05 persen sebanyak 270 bidang senilai Rp419 miliar. Tanah instansi sebanyak sembilan bidang seluas 3,92 hektar, senilai Rp84,1 miliar,” katanya.

Untuk tanah instansi tersebut menurut Rachmat saat ini masih dalam tahap perjanjian tukar menukar.

Selanjutnya, kata Rachmat, terdapat tanah makam sebanyak 14 bidang atau 1.344 unit liang kubur seluas 1,11 hektar yang hingga saat ini belum seluruhnya dilakukan penilaian oleh appraisal. Meski begitu, hingga kini sebidang makam berisi 202 kuburan telah pindahkan dengan total nilai ganti kerugian sebesar Rp1 miliar.

“Untuk tanah wakaf sebanyak 17 bidang seluas 0,35 hektar nilainya Rp12,1 miliar telah disediakan tanah pengganti sebanyak 12 bidang dan masih menunggu proses penyediaan bangunan pengganti oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT),” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Update Pembebasan Tanah Karakteristik Khusus Tol Jogja-Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya