SOLOPOS.COM - Demo mahasiswa UGM, Senin (2/5/2016). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Uang kuilah tunggal di UGM tahun ini sama dengan tahun lalu

Harianjogja.com, JOGJA– Rektor UGM, Prof. Dwikorita Karnawati, menegaskan bahwa Uang Kuliah Tunggal (UKT) tahun 2016 ini tetap dan sama dengan UKT 2015.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Hal ini ditegaskan kembali oleh Dwikorita dihadapan mahasiswa UGM yang melakukan aksi bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Senin (2/5/2016).

Menurut Rektor keputusan tidak menaikan UKT 2016 ini sebelumnya juga sudah disampaikan kepada mahasiswa dalam dialog dengan pimpinan universitas pada 29 April.

Di hadapan mahasiswa, Rektor juga menjelaskan bahwa sejak 28 April 2016 telah diputuskan tidak ada uang pangkal untuk mahasiswa yang masuk melalui Jalur Mandiri. Selain itu, nantinya akan dibuat mekanisme terkait penundaan UKT beserta nomenklaturnya.

“Bisa berdasarkan beberapa pertimbangan selain gaji orang tua, seperti jumlah anggota keluarga,” katanya, seperti dalam rilis yang diterima harianjogja.com.

Kebijakan penundaan atau penyesuaian UKT ini, kata Rektor, selanjutnya akan dibuat mekanisme dan nomenklaturnya. Terkait usulan tidak diberlakukannya UKT bagi mahasiswa di atas semester 8, D3 dan Profesi masih akan dipertimbangkan.

Selanjutnya, pihak Rektorat UGM juga akan segera berkoordinasi dengan Fakultas untuk kebijakan UKT tersebut. “Nanti akan ada SK Rektor. Review UKT masih akan terus dilakukan sehingga kita tidak salah dalam mengelola keuangannya,” imbuh Dwikorita.

Pada kesempatan itu, Dwikorita berjanji akan berusaha mencarikan sumber pendanaan lain untuk menggantikan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA) yang sudah tidak ada lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya