SOLOPOS.COM - Delegasi Religion Forum (R20) International Summit of Religious Leader di Hyatt Regency Yogyakarta, Sabtu (5/10/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, JOGJA — Universitas Islam Indonesia dan Candi Prambanan menjadi tempat pertama yang dikunjungi para delegasi Religion Forum (R20) International Summit of Religious Leader setelah konferensi sesi 2 di Jogja, Sabtu (5/10/2022). Kegiatan R20 International Summit of Religious Leader berlangsung selama tiga hari di Jogja sampai Minggu (6/11/2022).

Forum ini menjadi wadah bagi para pemimpin agama-agama dan sekte-sekte dengan peserta utama dari negara-negara anggota G20. R20 digelar memanfaatkan posisi Indonesia sebagai presidensi G20 tahun ini.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Adapun Forum R20 pertama kali digagas oleh KH Yahya Cholil Staquf atau sering disapa Gus Yahya begitu menjadi Ketua Umum PBNU pada 2021. PBNU kemudian menggandeng Muslim World League atau Rabithah Alam Islami  yang berpusat di Saudi Arabia sebagai co-host.

Rangkaian kegiatan diawali dari Bali pada 2-3 November 2022 dan dilanjutkan di Jogja. Sejumlah tokoh agama yang telah memberikan konfirmasi hadir di antaranya, Rais ‘Aam PBNU, K.H Miftachul Akhyar dan Sekjen Liga Muslim Dunia, Muhammad bin Abdul Karim Al Issa.

Baca Juga: Jelang G20 di Bali, Erick Thohir Gagas Gerakan Musisi Dunia untuk Perdamaian

Selanjutnya Pendiri Geeta Pariwar Swami, Govind Dev Guru Maharaj; Sekjen World Evengelical Alliance, Uskup Agung Thomas Schorrmacher; dan Presiden Pontifical Council for Interreligios Dialogue, Kardinal Miguel Angel Cardinal Ayuso Guixot. Kemudian ada Seminario Rabinico Latinoamericano, Rabi Silvina Chemen; Presiden International Association of Buddhist Universities, Brahmapandita.

Rangkaian kegiatan di Jogja antara lain konferensi yang dilakukan dua sesi, masing-masing Jumat dan Sabtu. Selanjutnya para delegasi akan diajak mengunjungi sejumlah tempat di DIY-Jateng, di antaranya kunjungan ke Universitas Islam Indonesia (UII) Jogja yang memiliki koleksi peninggalan agama Hindu.

Kemudian mengunjungi Candi Prambanan, Sabtu siang. Candi Prambanan adalah bagian dari situs warisan dunia UNESCO. Candi Hindu terbesar di Indonesia itu dibangun pada abad ke-9 masehi. Selanjutnya kunjungan ke Candi Borobudur, Minggu (5/11/2022). Candi Borobudur merupakan Candi Buddha terbesar di dunia dan menjadi warisan budaya dunia yang telah diakui UNESCO pada 1991.

Baca Juga: Dari Amerika Sampai Inggris, Ini Data Inflasi Tertinggi 10 Negara G20

Kemudian lokasi terakhir Pondok Pesantren Pandanaran. Ponpes itu berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama.

Gus Yahya menjelaskan seluruh rangkaian kunjungan ke DIY-Jateng itu untuk menunjukkan harmoni Indonesia. Ia berharap replika keragaman budaya pada dua daerah tersebut bisa menginspirasi dan menjadi sumbangan Indonesia bagi perdamaian global. 

“Untuk memperlihatkan kenyataan Indonesia yang heterogen, tapi toleran dan harmonis yang bisa menjadi inspirasi yang disumbangkan Indonesia,” kata dia dikutip Solopos.com melalui NU Online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya