SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

36 SMP yang akan menumpang di sekolah lain untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul mendata masih ada 36 SMP yang akan menumpang di sekolah lain, untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada pekan depan.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Sekretaris Disdikpora Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan terdapat 142 SMP yang akan mengikuti UNBK di 106 tempat di seluruh Gunungkidul. Artinya masih ada 36 sekolah yang masih menumpang di sekolah lain dalam melaksanakan UNBK pada Selasa (2/5/2017) mendatang.

Bahron mengatakan mayoritas sekolah yang tidak dapat menyelenggarakan UNBK secara mandiri lantaran belum memiliki perangkat komputer yang memadahi. Dan kata dia mayoritas sekolah yang belum memiliki fasilitas yang memadahi itu adalah sekolah swasta.

“Setiap sekolah minimal harus menyediakan komputer sebanyak sepertiga dari jumlah peserta ujian,” kata dia, kepada wartawan, Senin (24/4/2017).

Oleh sebab itu, bagi sejumlah sekolah yang belum memenuhi syarat maka harus menumpang di sekolah lain. Dia menyontohkan seperti di sejumlah SMP Muhamadiyah masih harus menupang di SMK Muhamadiyah yang memiliki fasilitas komputer yang memadai, dan memang terlebih dahulu telah melaksanakan UNBK.

Namun demikian kata dia, selain SMP Swasta ada pula SMP Negeri yang masih menumpang untuk melaksanakan UNBK di sekolah lain. Meskipun pada awal April lalu untuk seluruh SMP Negeri sebenarnya sudah didistribusikan komputer untuk pelaksaan UNBK. Namun masih ada satu sekolah negeri yang masih menumpang.

Satu sekolah itu adalah SMP N 2 Gedangsari yang menumpang di SMA N 2 Gedangsari. “Pihak sekolah mengendaki supaya pelaksanaan UNBK dilaksanakan di SMK N 2 Gedangsari supaya lebih aman. Meskipun sebenarnya mereka [SMP N 2 Gedangsari] sudah memiliki komputer yang memadahi,” ujarnya.

Lanjut Bahron, meskipun masih ada sejumlah SMP yang masih menumpang. Namun dia mengeklaim persiapan UNBK untuk tingkat SMP di Gunungkidul sudah 100%. Sejumlah panitia kata dia juga telah disiapkan di sejumlah posko. Mereka nantinya akan melakukan pantuan pelaksanaan ujian sejak hari pertama pelaksanaan UNBK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya