SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional yang dilaksanakan dengan sistem computer based test atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Dok.)

Ujian Nasional 2017 di Sleman sempat diwarnai berbagai kendala

Harianjogja.com, SLEMAN–Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 1 Cangkringan berjalan lancar pada Kamis (6/4/2017). Dua buah server yang sempat rusak berhasil diperbaiki pada malam sebelumnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mujiyono, Kepala Sekolah SMK N 1 Cangkringan mengatakan ujian di hari terakhir berjalan lancar tanpa suatu kendala apapun. Baik listrik padam maupun gangguan jaringan server tidak terjadi saat siswanya mengerjakan ujian kejuruan.

“Semuanya lancar sampai sesi ketiga meskipun masih terus hujan deras,” ujarnya ketika dihubungi kemarin.

Ujian berjalan normal karena dua server yang rusak selesai diperbaiki pada pukul 22.00 WIB malam sebelumnya. Menurut Mujiyono, tim teknisi yang dikerahkan pemerintah provinsi tersebut merupakan Tim Helpdesk Kementriaan dan Kebudayaan. Kerusakan pada server tersebut dikatakan disebabkan virus yang muncul dari sistem di pusat.

Karena itu, 51 siswa yang gagal menyelesaikan ujian tersebut terpaksa harus mengikuti ujian susulan 2 pekan lagi. Sebelumnya, pelaksanaan ujian di sekolah ini dirundung masalah berupa padamnya listrik hingga 2 kali dalam sehari.

Padam listrik tersebut membuat pihak sekolah menggunakan genset untuk menyalakan unit komputer. Meski demikian, 2 dari 3 server yang ada tidak ikut berfungsi kembali ketika genset sewaan tersebut diaktifkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya