SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional yang dilaksanakan dengan sistem computer based test atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Dok.)

Ujian nasional di Gunungkidul lancar jaya.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Hari pertama Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama di Gunungkidul berjalan lancar. diharapkan kelancaran ini diikuti adanya peningkatan nilai rata-rata dari ujian tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Karangmojo Suhartanti mengatakan, sekolahnya merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk untuk menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Meski ujian ini baru pertama kali digelar, para siswa tidak gugup karena sudah melakukan beberapa kali simulasi.

“Sampai hari ini [kemarin] semua berjalan lancar,” katanya, kemarin.

Dia menjelaskan, dari sisi fasilitas tidak ada masalah karena ketersediaan komputer mencukupi untuk ujian tersebut. hanya saja, Suhartanti dikhawatirkan adanya gangguan kelistrikan sehingga mengganggu proses dalam pengerjaan soal.

“Kami sudah mengatisipasi dengan menyediakan genset. Hanya saja adanya hujan deras di siang hari ini sempat membuat kami khwatir kalau sampai mati lampu,” tuturnya.

Sekretaris Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rasyid membenarkan pelaksanaan UN di hari pertama berjalan lancar. Bupati beserta rombongan Disdik meninjau sejumlah sekolah untuk memastikan.

“Semua lancar dan belum ada kendala. Mudah-mudahan hingga akhir tes semua juga tidak ada masalah,” katanya.

Dia pun menargetkan, hasil ujian tahun ini bisa lebih baik dari pada pelaksanaan di tahun lalu.

“Secara prestasi, memang kita masih di bawah, tapi mudah-mudahan dengan perbaikan nilai maka bisa mendongkrak posisi di DIY,” kata mantan Kepala Bidang Pendidikan Menengah itu.

Untuk diketahui, UN SMP di Gunungkidul diikut oleh 10.244 siswa. dari jumlah itu, terdapat empat sekolah UNBK meliputi SMP Negeri 1 Karangmojo, SMP Negeri 1 Wonosari, SMP Negeri 1 Ponjong dan SMP Negeri 1 Patuk.

“Mudah-mudahan seluruh siswa dapat lulus 100%,” kata Bupati Gunungkidul, Badingah di sela-sela kegiatan pemantauan UN di MTS Negeri Wonosari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya