SOLOPOS.COM - Braille (dtinterpreting.com)

Braille (dtinterpreting.com)

JOGJA—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, menjamin ketersediaan soal braille pada ujian akhir nasional (UAN) SD, 7 Mei mendatang.

Promosi Meniti Jalan Terakhir menuju Paris

“Soal memang kami yang cetak. Kami pun sudah siapkan soal braille untuk siswa tunanetra dan soal untuk siswa low vision. Sejauh ini soal masih akan tetap dengan persentase yang sesuai, yakni 75 persen dari Provinsi, sedangkan sisanya dari pusat,” kata Kepala Disdikpora DIY, Baskara Aji, Kamis (26/4).

Mengacu pada pelaksanaan UAN tingkat SMP dan SMA, dua pekan terakhir, ketiadaan soal braille bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) membuat tingkat kesulitan yang dihadapi bertambah.

Adapun dari data yang ada di Disdikpora, tahun ini terdapat 17 ABK, yang terdiri dari tujuh siswa tuna netra dan 10 siswa low vision yang perlu penanganan khusus.

Aji mengaku selain menyediakan soal braile dan low vision, pihaknya juga akan memberikan tambahan tenaga pendamping saat pelaksanaan ujian, dengan memaksimalkan keberadaan guru mata pelajaran untuk mendampingi ABK.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya