SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Soal Matematika ilustrasi

JOGJA—Sebanyak 7.813 siswa SD di Kota Jogja dipastikan ambil bagian dalam ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) tingkat SD, yang digelar mulai Senin (7/5) mendatang.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidkan (Disdik) Kota Jogja, Sugeng Mulyo S mengatakan, saat ini persiapan akhir untuk pelaksanaan UASBN SD sudah mencapai tahap finalisasi.

Selain telah menyiapkan pengamanan dan juga pengawasan baik soal maupun pelaksanaan ujian, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY terkait dengan dropping soal ke empat unit pembantu teknis (UPT) yang telah disediakan.

“Nanti kami ketemu dengan Disdikpora untuk membicarakan teknis dropping soal. Sejauh ini soal memang dicetak di Klaten, rencananya Sabtu (5/5) sudah didistribusikan ke masing-masing UPT,” kata Sugeng kepada Harian Jogja, Kamis (3/5).

Untuk mengamankan soal yang ada, selain akan melibatkan pengamanan dari petugas di masing-masing UPT, Sugeng mengaku pengamanan pengangkutan soal ke tempat penyimpanan soal juga akan dikawal petugas dari kepolisian. Sednagkan untuk pengawasan, kali ini pihaknya tetap akan mengandalkan dua petugas setiap ruang.

Siapkan Mental Siswa
Adapun sejumlah SD di Kota Jogja mengaku telah menyiapkan semua persiapan jelang pelaksanaan ujian.

Kepala SD Muhammadiyah 3 Wirobrajan Suwarjo mengatakan 124 siswa kelas VI yang ada ditempatnya siap untuk mengikuti ujian. Selain persiapan mental, pihaknya juga memaksimalkan try out. “Semua sudah siap, baik mental maupun materi,” kata Suwarjo.

Menurut dia berdasarkan hasil try out, sampai saat ini mata pelajaran Matematika masih menjadi momok bagi siswa.
“Rata-rata memang masih 23. Namun kami yakin nanti anak-anak akan bisa mencapai 24,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya