SOLOPOS.COM - Ujian ilustrasi (sepenggal.wordpress.com)

Ujian ilustrasi (sepenggal.wordpress.com)

JOGJA—Sejumlah siswa SMP yang mengikuti ujian akhir nasional (UAN) pada hari terakhir, Kamis (26/4), mengaku kesulitan mengerjakan soal Biologi pada mata pelajaran IPA.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Kesulitan itu dipicu karena banyaknya gambar yang ditayangkan dalam 40 soal yang diujikan.

Salah satu siswa IX SMPN 9 Jogja, Sekar Ayu Samudra, 15, mengatakan dibandingkan dengan soal Matematika yang diujikan sehari sebelumnya, soal IPA lebih mudah dipahami. Kendati begitu, Sekar mengaku tetap mengalami kesulitan mengerjakan soal Biologi.

“Soal biologinya membingungkan. Banyak soal yang yang isinya gambar dan membuat saya bingung. Memang kami diberi waktu 120 menit dan saya bisa mengerjakan semuanya, namun saya bingung dengan soal Biologinya,” katanya seusai ujian.

Kesulitan yang sama juga dialami enam siswa MTS LB Yaketunis. Di sekolah yang berada di Jl Parangtritis No 46 Kota Jogja itu, dua siswa low vision dan empat siswa tunanetra mengalami kesulitan dalam membayangkan beberapa gambar yang ada pada soal mata pelajaran IPA di hari terakhir ujian.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya