SOLOPOS.COM - Ilustrasi kegiatan belajar mengajar (JIBI/dok)

Persiapan utama dilakukan untuk proses pembuatan soal.

Harianjogja.com, JOGJA – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (Disdikpora DIY) telah melakukan sejumlah persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) 2016 untuk tingkat SD. Persiapan utama dilakukan untuk proses pembuatan soal.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan salah satu yang disiapkan adalah prosedur operasional standar (POS) Ujian Nasional (UN). POS UN ini sudah diterima Disdikpora DIY dua minggu silam.

“Kami sedang pelajari. Namun sekilas, untuk tingkat SMP dan SMA/SMK tidak ada perubahan, masih sama dengan tahun lalu. Sedangkan untuk US/M kami sudah mulai persiapan pembuatan soal karena 75% dibuat oleh daerah nantinya,” ujar Aji di saat dihubungi Harian Jogja, Kamis (7/1/2016).

Aji menambahkan untuk soal UN SMP dan SMA/SMK telah disiapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan soal nasional dikerjakan Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitan dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Puspendik Balitbang Kemendikbud).

Aji mengaku di DIY sendiri, pihaknya tengah menginventarisir nama-nama guru dan pengawas yang akan menjadi penulis soal US/M 2016. Dari proses inventarisir akan ditunjuk enam orang untuk masing-masing mata pelajaran yang diujikan.

“Nantinya soal tiap mata pelajaran akan disusun oleh tiga orang dari kurikulum 2013 dan tiga lagi dari kurikulum 2006. Namun sebelum menulis soal, mereka akan mengikuti pelatihan dan pembekalan kemampuan penulisan soal dan materi sesuai kompetensi masing-masing,” papar Aji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya