SOLOPOS.COM - Sri Sultan hamengku Buwono X, GKR Hemas dan kelima putri mereka. (kerajaannusantara.com)

Raja Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X genap berusia 68 tahun pada Rabu (2/4). Tidak ada perayaan spesial di hari spesial Gubernur DIY tersebut. Berikut laporan wartawan Harian Jogja, Andreas Tri Pamungkas & David Kurniawan.

Tak ada perbedaan aktivitas di Kantor Kepatihan, tempat Sultan berkantor. Semua pegawai beraktivitas seperti seperti biasa. Padahal, Rabu merupakan hari ulang tahun Gubernur DIY Sri Sultan HB X ke-68.
Seperti hari biasa lainnya, Sultan juga menerima kunjungan dari sejumlah tamu.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

KPH Yudanegara yang masih berada di Kraton Kilen sejak kelahiran putri pertamanya Raden Ajeng Nisaka Irdina Yudanagera mengatakan tidak ada perayaan khusus dalam ulang tahun Sultan.

“Dirayakan di rumah dengan keluarga,” katanya.

Jamuan makan malam, menurut dia, tidak hanya dihadiri keluarga, tapi turut diundang pula beberapa kawan dekat Sultan. Hanya Ubay, sapaan akrabnya tidak merinci siapa tamu-tamu yang diundang tersebut.
Senada disampaikan adik Sultan, GBPH Yudhaningrat. Gusti Yudha mengatakan tidak ada perayaan besar-besaran terkait hal itu.

“Ya kami hanya dipanggil untuk datang ke Kraton, untuk pastinya acara itu saya juga belum mengetahuinya,” katanya.

Meski demikian, kata dia, acara ini hanya bersifat keluarga dan tidak melibatkan orang banyak. “Ini untuk keluarga dan tidak ada perayaan yang melibatkan orang banyak,” ungkapnya.

Dia berharap dengan bertambahnya usia, Sultan terus diberikan kesehatan sehingga sebagai seorang pemimpin bisa melakukannya dengan baik.

“Semoga limpahan berkah dan rahmat dari Allah SWT selalu terlimpah kepada Sultan, sehingga dalam memimpin di DIY bisa berjalan dengan baik dan membawa rakyat menuju ke tingkat kesejahteraan lebih baik,” katanya.

Pria yang lahir dengan nama Raden Mas Herjuno Darpito lahir pada 2 April 1946. Diangkat menjadi Raja pada 1989 menggantikan ayahandanya Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang wafat. Sultan resmi menjadi Gubernur DIY pada 1998.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya