SOLOPOS.COM - Pengunjung Taman Pintar mencoba alat musik gamelan, Senin (1/12/2014). (Joko Nugroho/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA—Taman Pintar Jogjakarta akan merayakan hari jadinya ke-6 pada 16 Desember mendatang. 

Serangkaian acara untuk meramaikan ulang tahun sudah disiapkan dan dimulai pada 3 Desember besok dengan menggratiskan tiket untuk penyandang disabilitas.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Kepala Taman Pintar Jogja Yunianto Dwi Sutono mengatakan penggratisan sesuai dengan instruksi Walikota Jogja. Besok, penyandang disabilitas bisa masuk kotak oval dan memorabilia tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Pada 9 dan 10 Desember mendatang akan diadakan kegiatan olah raga dan seni untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Gelaran acara ini bekerja sama dengan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia Daerah IstimewaYogyakarta (PPDI DIY).

“Mereka yang berkebutuhan khusus bisa ikut bermain. Sesuai dengan tema ulang tahun ke-16, sains untuk semua,” papar Yunianto, Senin (1/12/2014).

Tepat pada perayaan ulang tahun, 16 Desember akan diadakan Kenduren Taman Pintar yang diikuti karyawan, pedagang kios buku dan komunitas tukang becak.

Panitia ulang tahun juga menggelar rangkaian acara yang mengandung pendidikan. Khusus pada 15 Desember, akan diadakan kontes sains anak pintar untuk siswa sekolah menengah pertama.

Penanggung Jawab Kegiatan Hari Ulang Tahun ke-6 Taman Pintar, Krismono Aji, mengatakan lomba ini untuk mengenalkan anak-anak siswa SMP pada sains dan teknologi. Lomba ini berbentuk tulis dan praktik, khususnya memperagakan alat-alat yang ada di dalam Taman Pintar.

Selain acara di area Taman Pintar, masih ada kegiatan rangkaian acara sosial. Pada 9-13 Desember 2014 Taman Pintar akan mengundang anak-anak yatim piatu. Mereka akan dijemput dari tempat yatim piatu ke Taman Pintar Jogja.

Taman Pintar akan mengajak juga keluarga komunitas tukang becak Taman Pintar. Mereka bisa menyaksikan semua isi dari Taman Pintar secara gratis, mulai dari menonton planetarium dan film empat dimensi.

Bagi pengunjung yang beruntung, yakni pengunjung ke satu juta, akan mendapatkan doorprize menarik. Selain itu pada 16 Desember akan ada 15 pengunjung yang beruntung dan mendapatkan suvenir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya