SOLOPOS.COM - Sebanyak 33 mahasiswanya yang akan melakukan program student exchange selama satu semester ke 11 perguruan tinggi asing di luar negeri di ruang sidang AR. Fakhrudin A, Sabtu (2/1/2016). (Joko Nugroho/JIBI/Harian Jogja)

UMY Mengirimkan mahasiswanya ke sejumlah negara untuk progra student exchange

Harianjogja.com, BANTUL – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan mengirimkan 33 mahasiswanya ke 11 perguruan tinggi (PT) asing di luar negeri untuk melakukan program student exchange selama satu semester. Biro Kerjasama UMY memberikan program pembekalan untuk persiapan keberangkatan mahasiswa ini.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Kepala Urusan Mahasiswa Internasional, Idham Badruzaman dalam rilis yang diterima Harian Jogja mengatakan ada tiga pembekalan, yakni keislaman-kemuhammadiyahan, ke-Indonesia-an, dan kemampuan untuk beradaptasi.

Materi Ke-Islaman terutama terkait Kemuhammadiyahan sangat penting untuk diberikan kepada mahasiswa yang akan tinggal di negeri dengan Islam minoritas.

“Mereka diajarkan bagaimana menjadi seorang muslim yang baik di negara dengan jumlah muslim minoritas,” kata Idham di Kantor Urusan Internasional, Rabu (6/1).

Idham menuturkan materi keIndonesiaan yang diberikan dengan bertujuan supaya mahasiswa mengetahui bagaimana menjadi warga negara Indonesia yang akan kembali ke Indonesia setelah studi di luar negeri. Tentunya bagaiman mengamalkan apa yang telah dipelajari untuk membangun negeri sendiri.

“Pemberian materi keIndonesiaan sangat penting untuk mengingatkan para mahasiswa bahwa nantinya mereka akan dituntut untuk kembali demi membangun negerinya sendiri,” jelas dosen prodi Hubungan Internasional UMY itu.

Materi ketiga adalah kemampuan beradaptasi diberikan guna memberikan pengertian dasar terkait cara hidup dan untuk menyesuaikan diri dengan dunia asing nantinya. Materi ini diberikan langsung oleh para alumni student exchange yang sebelumnya pernah tinggal di luar negeri.

“Pemberian materi ini dirangkum dalam sesi sharing dalam diskusi parallel. Para mahasiswa dapat lebih memahami apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan saat berada di negeri orang nantinya,” jelas Idham.

Pada semester genap mendatang sebanyak 33 mahasiswa UMY dikirim untuk melakukan student exchange ke 11 PT partner UMY, diantaranya Flinders University Australia, De La Salle University Filipina, Sun Moon Uniersity Korea Selatan, University Sains Malaysia dan University Utara Malaysia.

Keberangkatan para calon mahasiswa exchange ini nantinya akan dimulai pada bulan Januari hingga Februari, dengan awal pemberangkatan pada 9 Januari mendatang. Para mahasiswa yang mengikuti student exchange sendiri akan mendapatkan keistimewaan dengan dibebaskannya biaya SPP pada semester genap mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya