SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)

UN 2017, proses untuk login membutuhkan waktu 10 menit.

Harianjogja.com, JOGJA – Para siswa yang akan menjadi peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 mengeluhkan lamanya akses login untuk menuju ke server sebelum mereka memulai pengerjaan soal. Keluhan itu disampaikan siswa SMK Negeri 3 Jogja usai mengikuti simulasi UNBK di sekolah setempat, Senin (6/3/2017).

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Eric Chiesa Pratama, salah satu siswa Jurusan Otomotif TR 2 SMK Negeri 3 Jogja mengaku mengalami kesulitan loading saat hendak menuju server untuk mengisikan identitas.Bahkan waktunya loading mencapai 10 menit baru berhasil login.

“Loading untuk memasukkan identitas lama, terus loading untuk menuju  soal juga lama,” ujar dia kepada wartawan usai mengikuti simulasi UNbK di sekolah setempat, Senin siang.

Kendala yang dihadapi Eric memang tidak dialami semua siswa.  Hanya sejumlah siswa yang mengalami loading server lambat.
Hal itu sebagaimana diungkapkan Mochtar Cahyadi, salah satu siswa yang juga berasal dari jurusan Otomotif PR 2.
Mochtar mengaku komputer yang dia pakai langsung bisa login tanpa harus menunggu proses lama.

“Loginnya cepat jadi saya langsung mengerjakan soal,” jelas dia.

Sementara Sekretaris Panitia UNBK SMK Negeri 3 Yogyakarta Maryuli Darmawan mengungkapkan, kendala teknis teracaknya server membuat siswa terlambat login ke soal. Keterlambatan yang terjadi hingga 10 menit. Namun ia memastikan, hal tersebut terjadi bukan karena masalah jaringan internet, tapi lebih pada sistem yang tiba-tiba teracak.

“Jadi, kami ini menggunakan sembilan server untuk sembilan kelas ujian. Karena teracak, server tiga misalnya, jadi masuk ke kelas ujian lima. Jelas siswa tidak bisa login karena daftar siswa di tiap server sudah tercantum, teracak membuat nama siswa jadi tidak ada. Tapi untungnya server bisa langsung dipindah dan disesuaikan,” jelasnya.

Menurut Maryuli, kendala teknis memang masih mungkin terjadi, bahkan saat ujian nantinya. Namun, panitia pelaksana maupun siswa sudah sejak awal dibiasakan tidak mudah panik jika ada kendala. Para siswa peserta UNBK pun sudah dibiasakan dengan sistem yang ada.

“Rencananya kami akan on server untuk besok. Ini untuk melihat apakah server masih akan teracak atau tidak. Di SMK Negeri 3 Yogyakarta ini total peserta UNBK ada 561 siswa yang nantinya dibagi dalam dua sesi ujian,” imbuhnya.

Selanjutnya dia menjelaskan, simulasi yang dilakukan tersebut sudah ketiga kalinya. Simulasi ketiga tersebut sekaligus menjadi yang terakhir sebelum para siswa menjalani UN sesungguhnya.

“Simulasi tingkat nasional memang dijadwalkan pada 6-7 Maret 2017 ini. Untuk kami sendiri, simulasi kali ini seperti gladi bersih karena sampai hari ujian sudah tidak ada lagi jadwal simulasi. Memang di sesi pertama tadi ada sedikit kendala teknis yakni teracaknya server, namun semua bisa segera diatasi,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya